MENJAGA KEHORMATAN

1 2 3 4 5 Rating 4.29 (51 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: YOHANES 12:37-43

Sebab, mereka lebih menyukai kehormatan manusia daripada kehormatan Allah. (Yohanes 12:43)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kejadian 27-29



Seorang karyawan memilih tutup mulut sekalipun mengetahui duduk perkara sebuah kasus. Ia tidak mau memberikan kesaksian karena takut dianggap membela pihak tertentu. Ia juga tidak ingin melibatkan diri dalam kasus tersebut karena khawatir akan berimbas pada reputasinya sebagai karyawan teladan di tahun sebelumnya.

Mukjizat Yesus membuat banyak orang Yahudi menjadi percaya, termasuk para pemimpin Yahudi. Namun, mereka memilih diam, tidak berani berterus terang mengakuinya. Mereka takut kepada orang Farisi yang berwenang memperlakukan mereka dengan semena-mena. Mereka takut dikucilkan, diusir atau dilarang masuk ke rumah-rumah pertemuan orang Yahudi. Mereka memilih menyegani pendapat orang Farisi demi mendapatkan kehormatan manusia: dipuji imam-imam kepala dan ditinggikan rakyat sebagai putra-putra gereja Yahudi. Mengakui Yesus hanya membuat mereka kehilangan nama baik dan terhalangi kenaikan jabatannya.

Iman yang penuh dengan ketakutan dan rasa malu untuk menampakkan diri patut dipertanyakan ketulusannya. Sebab kehormatan dari Allah kita terima ketika kita menyaksikan karya-Nya dan menaati firman-Nya. Di dalam anugerah inilah kehormatan tertinggi kita dapatkan. Malangnya, ada banyak dosa yang membuahkan penghormatan bagi pelakunya. Mereka pun memunafikkan diri dengan memandang kehormatan manusia sebagai kebaikan yang pantas diperjuangkan. Agama hanya menjadi alat mencari kehormatan. Iman dan kesalehan diabaikan. Kemuliaan Allah tidak nampak sehingga dengan mudahnya mereka murtad.

—EBL/www.renunganharian.net


APAKAH KEHORMATAN KITA MERUPAKAN ANUGERAH ALLAH
ATAU UPAH DARI PENOLAKAN KITA KEPADA ALLAH?


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.