KEARIFAN DALAM DIAM

1 2 3 4 5 Rating 4.42 (33 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: LUKAS 2:8–20

Tetapi Maria menyimpan segala perkataan itu di dalam hatinya dan merenungkannya. (Lukas 2:19)


Bacaan Alkitab Setahun:
Wahyu 9–11



Tertangkap kamera melakukan perbuatan yang dapat memperburuk citra dirinya, seorang artis segera mengadakan klarifikasi. Ia memberikan penjelasan sedemikian rupa di depan pers supaya nama baiknya tetap terjaga. Demi nama baik pula, ia mengunggah setiap kegiatan amal yang dilakukannya.

Maria mengalami peristiwa yang luar biasa hina, sekaligus luar biasa istimewa. Ia hamil di luar nikah. Kejadian ini sudah pasti menuntut pengertian dan kesabaran luar biasa. Sekalipun kehamilannya berasal dari Roh, bukankah ia tidak bisa mengendalikan pandangan masyarakat tentangnya? Namun, Maria memilih untuk diam dan menyerahkan hal kemurnian moralnya kepada Allah. Begitu pula ketika kelahiran Anaknya diperhatikan malaikat. Maria tidak serta-merta memberitakan kabar itu supaya orang banyak datang memujanya. Lagi-lagi Maria memilih diam, menyimpan perkara itu dalam hatinya dan merenungkannya.

Di zaman seperti sekarang ini, banyak orang tidak tahan untuk tidak memberitakan tentang dirinya melalui media sosial. Apalagi hal yang menyinggung nama baik dan harga diri. Media sosial menjadi cara ampuh untuk menaikkan pamor. Namun, orang bijak tidak mengumbar dan menjual semua hal tentang dirinya. Mereka juga mengambil waktu untuk diam, merenungkan pergumulannya hanya bersama Tuhan. Bukan hal mudah bersikap tenang dan memilih diam. Karena diam tidak dapat dilakukan oleh sembarangan orang. Tetap diam ketika dipandang hina maupun saat berjaya hanya dapat dilakukan orang yang telah beres dengan dirinya sendiri.

—EBL/www.renunganharian.net


BERPIKIR DENGAN TENANG, BERSABAR DAN TETAP MENGALAH YANG TAMPAK
DALAM DIAM, SEJATINYA MILIK ORANG DIGDAYA YANG TELAH BERES DENGAN DIRINYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.