BERTUMBUH ATAU BERTAMBAH

1 2 3 4 5 Rating 4.37 (27 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: EFESUS 4:11–16

Sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus. (Efesus 4:13)


Bacaan Alkitab Setahun:
1 Petrus 1–2



Kriteria apa yang kita pakai untuk mengukur keberhasilan sebuah gereja? Dilihat dari sudut mana? Kuantitas atau kualitas?

Juan Carlos Ortiz, seorang hamba Tuhan yang terkenal di Argentina, mengawali pelayanannya dengan 200 warga jemaat. Hanya dalam waktu beberapa tahun jumlah warga jemaatnya menjadi tiga kali lipat. Dia adalah pengkhotbah yang digemari banyak pendengar. Namun, dia merasakan ada sesuatu yang salah. Dia gelisah. Akhirnya dia sadar akan letak kesalahannya; selama ini dia sibuk dengan bisnis gereja. Pemberitaan Injil dia lakukan layaknya mempromosikan merek minuman tertentu. Ortiz dicelikkan mata rohaninya, bahwa jemaatnya memang bertambah besar, tapi hanya dari segi kuantitas. Mereka adalah bayi-bayi rohani.

Kita sering silau terhadap gemerlap materi dan statistik. Kita bangga apabila gedung gereja kita bertambah mentereng, properti gereja bertambah canggih, inventaris gereja bertambah mewah. Tapi kita tidak peduli dengan lambannya pertumbuhan iman jemaat, sirnanya kesadaran jemaat untuk menjadi berkat bagi masyarakat sekitar. Kalau semua ini benar terhadap penilaian keberhasilan suatu jemaat, ini juga benar terhadap penilaian keberhasilan hidup pribadi. Tabungan yang banyak, rumah bak istana, mobil berderet, wisata ke mancanegara setiap tiga bulan. Inikah ukuran keberhasilan hidup Anda?

Semua itu hampa. Kuantitas tanpa kualitas adalah nol besar. Jangan cuma peduli terhadap kehidupan materi kita, melainkan mari pelihara kehidupan spiritual kita agar bertumbuh menuju kedewasaan rohani yang dikehendaki Kristus Yesus.

—HPG/www.renunganharian.net


BUKAN YANG BANYAK MELAINKAN YANG BAIK DAN BENAR


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.