SETIAP TAHAP KEHIDUPAN

1 2 3 4 5 Rating 4.16 (44 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KIS. PR. RASUL 7:20–44

"Musa yang telah mereka tolak dengan mengatakan, 'Siapa yang mengangkat engkau menjadi pemimpin dan hakim?'—dialah juga yang telah diutus oleh Allah sebagai pemimpin dan pembebas oleh malaikat yang telah menampakkan diri kepadanya di semak duri itu." (Kis. Pr. Rasul 7:35)


Bacaan Alkitab Setahun:
Efesus 1–3



Anak saya sudah bisa berguling dan duduk di usia tujuh bulan. Saya bersyukur dia bertumbuh dan berkembang dengan baik. Berguling, duduk, merangkak, berjalan lalu berlari, itulah tahapannya. Tiap tahap penting dan butuh waktu. Tidak ada tahap yang bisa dilewati begitu saja. Misal, saya berharap anak saya dari duduk langsung berlari, itu jelas tidak mungkin.

Setiap orang pasti menginginkan hidupnya ada pertumbuhan dan perubahan. Kebanyakan ingin cepat atau instan, karena melihat beberapa orang sepertinya cepat sekali berhasil dengan cara gampang atau memakai jalan pintas. Ini tidak mungkin karena berlawanan dengan hukum alam. Berusaha cepat berhasil dengan jalan pintas berakibat kekecewaan dan frustrasi. Musa adalah pemimpin Israel yang berhasil membawa Israel keluar dari perbudakan di Mesir. Musa mampu mengadakan berbagai hal luar biasa, karena disertai Tuhan. Akan tetapi, banyak orang lupa bahwa Musa menjalani proses persiapan selama 40 tahun di Mesir (ay. 23) dan 40 tahun sebagai gembala di tanah Midian (ay. 30). Empat puluh tahun memimpin bangsa Israel, Musa juga harus mengalami berbagai hal yang tidak mudah. Karena bangsa Israel adalah bangsa yang suka melawan Tuhan.

Di mana pun posisi pertumbuhan dan perubahan hidup kita sekarang, bersyukurlah dan jangan pernah berhenti untuk belajar. Semakin posisi naik, semakin kita harus belajar rendah hati dan menghargai prosesnya. Kita tidak perlu iri melihat orang lain yang berhasil lebih dulu dengan waktu lebih cepat.

—RTG/www.renunganharian.net


SETIAP TAHAP PERTUMBUHAN DAN PERUBAHAN DIRI
PENTING DAN MEMBUTUHKAN WAKTU


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.