DISIPLIN SEORANG MURID

1 2 3 4 5 Rating 4.51 (39 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 2 TIMOTIUS 2:1–13

Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota sebagai juara, apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga. (2 Timotius 2:5)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 13–16



Seorang pelatih berkata, "Menjadi tugas saya melatih, menggembleng para atlet melakukan apa yang tidak ingin mereka lakukan supaya mereka mencapai apa yang mereka impikan." Disiplin fisik dan mental yang diberikan pelatih kepada atlet harus dijalani dengan sangat ketat dalam pemusatan latihan. Hal ini agar atlet mempunyai kesiapan yang prima menghadapi suatu pertandingan atau kompetisi.

Alkitab menjelaskan disiplin rohani seperti yang dijalani oleh seorang atlet. Atlet dengan keras dan disiplin diri harus melatih diri sedemikian rupa agar ia dapat memperoleh kemenangan saat pertandingan. Atlet tidak dapat mempersiapkan diri dengan seenaknya lalu berharap memenangkan kompetisi. Ia harus tunduk dengan arahan dan disiplin dari pelatih, meskipun itu pasti tidak nyaman baginya. Yesus adalah pelatih kehidupan kita. Yesus tahu persis disiplin dan latihan yang kita perlukan untuk mengejar keserupaan dengan-Nya.

Disiplin merenungkan firman Tuhan, berpuasa mencari Tuhan, disiplin bergerak melayani orang lain, disiplin mengendalikan perkataan, disiplin memberi, disiplin kerendahan hati dan masih banyak disiplin rohani lainnya. Motif kita melakukan disiplin rohani adalah mengejar keserupaan dengan Kristus. Sering kali kita lebih menuruti keinginan hawa nafsu daripada tunduk kepada disiplin rohani. Disiplin rohani pasti tidak nyaman bagi kita. Namun ketahuilah disiplin rohani adalah harga yang harus dibayar seorang murid Kristus.

—AWS/www.renunganharian.net


DISIPLIN BERTUMBUH DALAM TUHAN MEMBAWA KITA
MENCAPAI APA YANG TUHAN INGINKAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.