MASALAH MENJADI BERKAT

1 2 3 4 5 Rating 4.06 (34 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KIS. PR. RASUL 16:16–40

Jawab mereka, "Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu." (Kis. Pr. Rasul 16:31)


Bacaan Alkitab Setahun:
Daniel 7–9



Apa yang membedakan rintangan dan peluang? Cara kita menyikapinya. Setiap peluang memiliki kesulitan dan masalahnya. Dalam setiap masalah pasti ada peluang. Setiap orang pasti punya berbagai masalah dan pasti ada solusinya. Salah satu alasan mengapa Tuhan sengaja mengizinkan kita mengalami masalah serius karena ada berkat di baliknya. Mungkin berkat itu bukan buat kita, tetapi buat orang lain.

Paulus dan Silas mendapat masalah bertubi-tubi di Filipi. Mereka ditangkap dan diseret oleh tuan-tuan seorang perempuan tukang tenung yang merasa dirugikan (ay. 16, 19). Pakaian mereka dikoyak-koyak dan didera (ay. 22), dimasukkan dalam penjara, dan kaki mereka dibelenggu dengan pasungan yang kuat (ay. 24). Bagaimana Paulus dan Silas menyikapi berbagai masalah ini? Memuji Tuhan (ay. 25), dan mencegah kepala penjara bunuh diri (ay. 28). Saat kepala penjara bertanya apa yang harus dia lakukan agar selamat, mereka memberitakan tentang Yesus Kristus (ay. 31‒32). Masalah mereka menjadi berkat bagi kepala penjara dan keluarganya (ay. 34). Karena mereka dianiaya dan dimasukkan dalam penjara, kepala penjara dan keluarganya percaya kepada Allah.

Saat orang Kristiani berhadapan dengan situasi dan masalah sulit, dia mengarahkan pandangannya ke Tuhan dan menyikapinya sesuai dengan apa yang diajarkan firman Tuhan. Saat Tuhan mendidik kita agar menjadi lebih kuat, Tuhan sengaja mengizinkan kita mengalami masalah berat dan sulit. Kalau kita menyikapinya dengan benar, pasti menghasilkan berkat bagi diri sendiri maupun orang lain.

—RTG/www.renunganharian.net


SALAH SATU ALASAN MENGAPA TUHAN SENGAJA MEMBERI
KITA MASALAH SERIUS, KARENA ADA BERKAT DI BALIKNYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.