MENDENGAR YANG BAIK

1 2 3 4 5 Rating 4.19 (37 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: PENGKHOTBAH 7:1–22

Juga janganlah memperhatikan segala perkataan yang diucapkan orang, supaya engkau tidak mendengar pelayanmu mengutuki engkau. (Pengkhotbah 7:21)


Bacaan Alkitab Setahun:
Daniel 4–6



Ibu saya pernah memecat seorang asisten rumah tangga (ART) karena menurut beberapa tetangga, ART tersebut sering bergosip dengan ART lain dan menjelek-jelekkan ibu saya. Saya membayangkan bagaimana dulu Raja Salomo yang sangat kaya memperlakukan pelayan-pelayannya yang jumlahnya ribuan orang. Kemungkinan besar pelayan-pelayan Raja Salomo juga sering menggunjingkan dia dibelakang.

Dalam kitab Pengkhotbah 7:21, Raja Salomo menasihatkan kita agar tidak memperhatikan segala perkataan yang diucapkan oleh orang, supaya kita tidak mendengar hal-hal yang seharusnya tidak perlu kita dengarkan. Ada saat kita perlu mendengar dengan baik, ada saat kita tidak perlu mendengar sama sekali. Tidak selamanya yang menyenangkan itu baik didengar dan tidak selamanya yang menyakitkan tidak baik. Mendengar kritik yang membangun jauh lebih baik daripada mendengar pujian para penjilat. Mendengar hardikan orang berhikmat lebih baik daripada mendengar nyanyian orang bodoh (ay. 5). Banyak informasi yang lalu lalang di sekitar kita yang akan lebih baik jika tidak kita ketahui. Karena itulah kita harus bijak untuk memilah informasi-informasi apa saja yang perlu atau tidak perlu kita ketahui.

Jika orang menggunjingkan kita di belakang, kita tidak perlu mencari tahu apa yang mereka gunjingkan. Karena jika niat mereka baik, mereka akan datang langsung dan menyampaikan kepada kita. Jika tidak disampaikan, itu bukan urusan kita. Nasihat dari Raja Salomo ini cocok sekali diterapkan jika kita terpaksa harus berada dalam lingkungan orang-orang yang suka bergosip, bergunjing, atau mengolok-olok di belakang. Cari dan dengarlah informasi yang hanya akan membangun diri kita menjadi orang yang lebih baik lagi.

—REY/www.renunganharian.net


DENGARKAN DAN BICARALAH YANG BAIK-BAIK SAJA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.