DALAM BALUTAN KEWAJARAN

1 2 3 4 5 Rating 4.25 (44 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 2 SAMUEL 11:14–17

Ditulisnya dalam surat itu, demikian: "Tempatkanlah Uria di barisan depan dalam pertempuran yang paling hebat, kemudian kamu mengundurkan diri dari padanya, supaya ia terbunuh mati." (2 Samuel 11:15)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yehezkiel 1–4



Israel sedang berperang. Daud, yang mengingini Batsyeba, menyuruh Yoab menempatkan Uria di medan paling gawat, “Supaya ia terbunuh” (ay. 15). Ketika Yoab menyampaikan instruksi kepada Uria, pasti banyak perwira Israel mendengar. Tetapi, tak seorang pun heran karena penempatan prajurit hebat di medan yang berat itu lazim dan wajar. Mereka pun pasti menilai wajar ketika Uria gugur. Gugur dalam perang itu wajar, bukan? Dan, itulah yang Daud mau: merekayasa segalanya agar orang menilai bahwa semua lazim dan wajar.

Sebagai raja, tindakan Daud memberi instruksi kepada Yoab pasti tampak lazim dan wajar. Tindakan Yoab pun—menugasi Uria sesuai strategi yang direncanakan—juga tampak lazim dan wajar. Semua tampak lazim dan wajar. Namun, dalam balutan semua yang tampak lazim dan wajar itu, ada kejahatan besar. Daud merekayasa dan memanfaatkan kesan kewajaran dan kelaziman itu untuk mencapai tujuan jahatnya.

Apa yang kita lihat? Ketika orang punya keinginan atau masalah, dia tergoda untuk memenuhi atau mengatasinya dengan menafikan nilai moral, dan membalut semua dengan hal-hal yang tampak lazim dan wajar. Orang tergoda untuk mencari dan memanfaatkan celah pada kaidah dan kelaziman yang ada, meski secara moral itu salah.

Makin besar kekuasaan yang dimiliki, makin besar pula godaan itu. Tetapi, adakah godaan semacam itu hanya mengadang orang-orang dengan kekuasaan besar? Ternyata tidak! Anda tahu, godaan semacam itu mengadang semua orang tanpa kecuali, termasuk saya dan Anda. Benar, bukan?

—EE/www.renunganharian.net


ADA GODAAN BESAR UNTUK SENGAJA MELAKUKAN KEJAHATAN
DENGAN MENUTUPNYA DALAM BALUTAN KEWAJARAN DAN KELAZIMAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.