TUHAN YANG CEMBURU

1 2 3 4 5 Rating 4.39 (70 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KELUARAN 20:1–6

“... sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu ....” (Keluaran 20:5)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yeremia 26–28



Apa kesan Anda ketika mendengar kata “cemburu”? Bagaimana bila ada yang menyebut Anda sebagai orang yang suka cemburu? Apakah Anda menangkapnya sebagai pujian atau celaan? Pada umumnya, kita menganggap kecemburuan sebagai hal yang negatif. Di sinilah kesulitannya saat kita membaca pernyataan Alkitab bahwa Allah adalah pribadi yang cemburu.

Bagaimana seharusnya kita memahami kecemburuan Allah? Sesungguhnya, kecemburuan Allah berbeda jauh dari kecemburuan manusia. Pertama, kecemburuan Allah adalah tanda dari cinta-Nya yang murni dan kuat kepada kita. Perhatikan ayat 2, Allah menyebut diri-Nya sebagai “Allahmu” untuk menunjukkan relasi yang istimewa antara Allah dan umat-Nya yang berdasarkan cinta-Nya kepada mereka. Kedua, kecemburuan Allah justru bagi kebaikan kita. Dia menyatakan diri-Nya sebagai pencemburu dalam konteks perintah pertama dan kedua yang intinya adalah kita harus menyembah Dia saja (ay. 2–5). Sepintas, Allah terkesan narsistik. Namun, perintah ini sebenarnya demi kita. Sebagai ciptaan-Nya, kita akan menemukan kepuasan, kepenuhan, dan kebahagiaan terbesar hanya di dalam Dia. Saat kita berpaling pada ilah-ilah lain maka kita sedang menyengsarakan dan merusak diri sendiri karena menjauh dari Sang Sumber Kehidupan yang sejati.

Mari lihat kecemburuan Allah dari kacamata kasih-Nya yang besar kepada kita. Kasih-Nya yang sepenuhnya berpihak bagi kebaikan kita. Kiranya kecemburuan Allah ini membangkitkan rasa syukur dalam diri kita bahwa kita begitu disayangi-Nya.

—JIM/www.renunganharian.net


KECEMBURUAN ALLAH ADALAH PERINGATAN PENUH CINTA SUPAYA KITA
TIDAK MEMBERHALAKAN HAL LAIN YANG AKAN MEMBINASAKAN KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.