ABIGAIL DAN ZERESH

1 2 3 4 5 Rating 4.24 (63 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 SAMUEL 25:2–44 & ESTER 5:9–14

Lalu kata Zeresh, isterinya, dan semua sahabatnya kepadanya: "Suruhlah orang membuat tiang yang tingginya lima puluh hasta, dan persembahkanlah besok pagi kepada raja, supaya Mordekhai disulakan orang pada tiang itu; kemudian dapatlah engkau dengan bersukacita pergi bersama-sama dengan raja ke perjamuan itu." (Ester 5:14a)


Bacaan Alkitab Setahun:
Amsal 1–5



Tidak selamanya suami kita berbicara atau berniat baik. Suami bisa berniat mencelakai orang. Apa yang kita lakukan sebagai istri? Mencegah dia berniat jahat, menolongnya kalau dia sudah terlanjur berbuat jahat, atau malah mendorongnya untuk berbuat jahat?

Abigail istri Nabal, sedangkan Zeresh istri Haman. Abigail tahu suaminya menghina para utusan Daud yang memohon belas kasihan saat Nabal sedang menggunting domba-dombanya. Sadar bahwa tindakan Nabal bisa mencelakakan banyak orang, Abigail berusaha menolong suaminya. Abigail sengaja mendatangi Daud dan pasukannya, memohon belas kasihan Daud. Berkat tindakannya, Daud yang semula berniat membunuh semua laki-laki di tempat Nabal, mengurungkan niatnya. Zeresh melakukan tindakan yang bertolak belakang dengan Abigail. Waktu Haman dengan sangat panas hati menceritakan tentang Mordekhai, Zeresh justru mendorong suaminya mendirikan tiang gantungan untuk menggantung Mordekhai. Akibatnya, Haman yang digantung di tiang yang didirikannya untuk Mordekhai (Est. 7:10).

Istri yang rohani menolong suaminya berbuat baik dan memengaruhinya untuk merespons konflik dengan benar. Dia tidak akan membiarkan suaminya melakukan tindakan jahat pada orang lain, dia menolongnya keluar dari situasi buruk yang sedang terjadi. Diam saja dengan dalih takut ribut dengan suami dan membuatnya makin marah karena tidak mendukungnya, itu bukan solusi. Jangan pernah mendorong suami berbuat jahat, karena bukan hanya dia yang celaka, kita pun pasti kena dampaknya.

—RTG/www.renunganharian.net


ISTRI YANG ROHANI MENOLONG SUAMINYA BERBUAT BAIK DAN
MEMENGARUHINYA UNTUK MERESPONS KONFLIK DENGAN POSITIF


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.