SIAP SEDIA

1 2 3 4 5 Rating 3.91 (115 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 2 TIMOTIUS 4:1–8

Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegurlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran. (2 Timotius 4:2)


Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 92–100



Seorang klien datang kepada terapis, mengaku memiliki emosi marah dan kecewa kepada banyak orang. Namun pada sesi pertama pertemuan, sang terapis memutuskan untuk tidak lagi melanjutkan konseling. “Beliau selalu membantah setiap penjelasan, pendapat dan pandangan saya. Sekalipun ada kesediaan (willingness), beliau belum memiliki kesiapan (readiness). Jika saya memaksakan diri untuk melanjutkan, pada akhirnya akan bertambah satu lagi orang yang bermasalah dengannya, yaitu saya,” ujar sang terapis.

Rasul Paulus meminta Timotius untuk bersiap sedia dalam memberitakan Firman. Ya, selain kesediaan/kemauan, Timotius harus memiliki kesiapan. Siap dibentuk Tuhan dengan rela meninggalkan ego. Mengosongkan diri, guna menghidupi kesalehan dalam penyertaan Roh seturut kehendak Allah. Timotius juga harus siap menghadapi tantangan dalam pelayanan. Siap ditolak dan dibenci, mengingat semakin banyak orang menolak kebenaran.

Berhubung segala sesuatu dalam hidup orang kristiani selalu bernilai rohani, maka siap sedia menjalani hidup dalam pimpinan Tuhan adalah hakikat. Bahkan menjadi kaya pun dibutuhkan kesiapan supaya dapat menggunakannya dengan bijak. Namun, menolak tanggung jawab dengan alasan “belum siap” juga bukan teladan Kristus. Apalagi menolak panggilan Tuhan untuk menghidupi kekristenan dan pelayanan. Kita tidak akan pernah benar-benar siap jika kita tidak pernah mau mengupayakannya. Lebih baik menyediakan diri supaya Tuhan sendiri yang menolong kita bersiap, melalui didikan dan penyertaan-Nya.

—EBL/www.renunganharian.net


SIAP SEDIA MENGHIDUPI PRINSIP KRISTUS
ADALAH HAKIKAT SEBAGAI MURID KRISTUS


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.