BERSELISIH TAJAM

1 2 3 4 5 Rating 4.01 (67 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KIS. PR. RASUL 15:35–41

Hal itu menimbulkan perselisihan yang tajam, sehingga mereka berpisah …. (Kis. Pr. Rasul 15:39)


Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 88–91



Paulus dan Barnabas telah menjadi rekan sepelayanan untuk waktu yang lama. Mereka memberitakan Injil serta merintis gereja di berbagai daerah. Namun suatu kali, mereka berbeda pendapat tentang mengikutsertakan Markus, yang sebelumnya melayani bersama mereka, tetapi meninggalkan pelayanan tersebut. Paulus menolak tegas keikutsertaan Markus, sedangkan Barnabas bersikeras memberinya kesempatan kedua. Mereka berdebat dan berselisih tajam, tanpa titik temu. Akhirnya, mereka putuskan untuk berpisah, lalu berjalan sendiri-sendiri dalam pelayanan.

Perselisihan Paulus dan Barnabas ini bukanlah soal dosa atau moralitas. Tetapi soal prinsip dalam pelayanan. Menariknya, sekalipun mereka bertengkar hebat, mereka tidak lantas jadi bermusuhan, saling merongrong atau menjelekkan. Mereka juga tidak berhenti melayani Tuhan, melainkan masing-masing membentuk tim yang baru. Paulus melayani bersama Silas, sedangkan Barnabas melayani bersama Markus. Malahan, perselisihan itu membuat jangkauan pelayanan mereka semakin luas. Bahkan nantinya, mereka ternyata kembali bekerja sama dalam melayani Tuhan dan saling mendukung.

Munculnya konflik dalam pelayanan sering kali tak bisa dihindari. Namun saat itu terjadi, kiranya kita tetap setia dalam koridor kebenaran firman Tuhan. Bukan saling merongrong, menjelekkan atau ingin menghancurkan pihak lain. Perselisihan mungkin membuat kita berhenti bekerja sama untuk sementara waktu. Namun kita hendaknya tetap berfokus melayani Tuhan, bukan membangun kerajaan sendiri. Tentunya dengan tetap mengevaluasi diri sendiri. Inilah salah satu teladan yang diberikan oleh Paulus dan Barnabas bagi kita.

—HT/www.renunganharian.net


TIDAK ADA PERSELISIHAN YANG TIDAK DAPAT DISELESAIKAN,
ASALKAN KITA DENGAN RENDAH HATI TAAT KEPADA PIMPINAN TUHAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.