BERSYUKUR DI SEKELILING KUTU

1 2 3 4 5 Rating 4.11 (55 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 TESALONIKA 5:16–18

Ucapkanlah syukur dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu. (1 Tesalonika 5:18)


Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 72–77



Pada Perang Dunia II, Corrie ten Boom dan keluarganya ditangkap dan dipenjarakan karena mereka menolong banyak orang Yahudi yang hendak dibinasakan oleh tentara Nazi. Corrie dan kakaknya Betsy ditahan di sebuah barak yang dipenuhi kutu. Di sana, mereka mengalami penyiksaan yang kejam. Begitu pun, mereka tetap setia membaca Alkitab dan merenungkannya dengan sembunyi-sembunyi. Suatu kali, ketika mereka membaca 1 Tesalonika 5, Betsy mengajaknya bersyukur atas keadaan mereka, termasuk atas kutu-kutu di sekeliling mereka. Awalnya, Corrie menolak, tetapi sang kakak mendesaknya.

Lama-kelamaan, para tentara Nazi semakin jarang datang mengawasi mereka. Mereka pun lebih leluasa membaca dan mempelajari Alkitab, bahkan mengajarkannya kepada para wanita di barak tersebut. Hasilnya, banyak orang dituntun kepada Tuhan. Belakangan baru mereka tahu, para tentara itu tidak mau lagi datang ke barak karena di sana terdapat banyak kutu. Sesuatu yang tadinya Corrie anggap menjengkelkan ternyata justru menolong mereka.

Sejujurnya, ada saat-saat di mana kita sulit mengucap syukur, misalnya ketika mengalami sakit, ditimpa musibah, atau menghadapi situasi yang sama sekali tidak kita harapkan. Tentu saja kita bukan bersyukur atas segala kesukaran itu, tetapi dalam situasi itu Tuhan ingin kita tetap dapat mengucap syukur. Inilah salah satu nasihat Rasul Paulus kepada jemaat di Tesalonika, dan juga bagi kita. Sikap bersyukur mengajarkan kita mampu melihat karya Tuhan dalam segala situasi. Kiranya kita senantiasa belajar bersyukur!

—HT/www.renunganharian.net


HATI YANG BERSYUKUR TIDAK SELALU MAMPU MENGUBAH SITUASI,
NAMUN MAMPU MENOLONG KITA MELIHAT KARYA ALLAH DALAM SEGALA SITUASI


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.