DIBIARKAN HIDUP

1 2 3 4 5 Rating 3.93 (61 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KELUARAN 9:13–35

"Akan tetapi inilah sebabnya Aku membiarkan engkau hidup, yakni supaya memperlihatkan kepadamu kekuatan-Ku, dan supaya nama-Ku dimasyhurkan di seluruh bumi." (Keluaran 9:16)


Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 36–39



Ketika Tuhan menunjukkan kuasa- Nya dengan berbagai perbuatan dahsyat di Mesir, mereka yang menyaksikannya terbagi menjadi dua kategori. Sebagian menjadi takjub lalu percaya kepada Tuhan, namun sebagian lagi berkeras hati dan berusaha membuat mukjizat tandingan. Mereka menyaksikan peristiwa yang sama, namun menanggapinya secara berbeda. Mereka yang percaya itu nantinya terhindar dari berbagai tulah, lalu menggabungkan diri kepada bangsa Israel dan turut dalam peristiwa eksodus (Kel. 12:38). Sedangkan Firaun bersama dengan semua yang mengeraskan hatinya justru ditimpa berbagai kengerian. Mereka dibiarkan hidup agar dapat menyaksikan kehebatan Allah, namun mereka tidak menghargai kesempatan itu. Akibatnya, mereka menderita, bahkan binasa. Namun bangsa-bangsa lain justru menjadi gentar dan hormat kepada Allah.

Bagaimana jika kita mengajukan pertanyaan ini kepada diri sendiri? Mengapa Allah masih membiarkan kita hidup hingga hari ini, sementara begitu banyak orang telah meninggal mendahului kita? Apakah kita menyadari bahwa Dia sedang mengerjakan banyak perbuatan ajaib di sekitar kita? Apakah melaluinya kita semakin mengenal Allah serta menaati-Nya? Ataukah kita bersikap biasa saja, seolah hal itu tidak berguna, bahkan mengabaikannya karena kita berpikir bahwa Allah tidak ada urusan dengan kita?

Tentunya ada alasan di balik setiap tindakan yang Allah perbuat dalam hidup kita. Jika kita memahaminya, kita akan dapat melihat kebesaran dan kehebatan Allah dalam setiap peristiwa. Kita pun akan semakin mengenal Dia. Bahkan kita dapat memberitakan perbuatan-perbuatan-Nya kepada banyak orang.

—HT/www.renunganharian.net


ALLAH MEMBIARKAN KITA HIDUP AGAR KITA SEMAKIN MENGENAL-NYA,
SERTA UNTUK MEMASYHURKAN NAMA-NYA DI BUMI


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.