AJARAN AYAH

1 2 3 4 5 Rating 3.99 (95 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: AMSAL 4:1–10

Aku diajari ayahku, katanya kepadaku: "Biarlah hatimu memegang perkataanku; berpeganglah pada petunjuk-petunjukku, maka engkau akan hidup." (Amsal 4:4)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ayub 13–16



Satu adegan film Con Air (1997) sangat membekas dalam ingatan saya. Terjadi percakapan antara Cameron Poe, mantan anggota pasukan elit Angkatan Darat AS yang dipenjara karena tanpa sengaja membunuh salah seorang pemabuk yang mengganggu istrinya, dengan Cyrus, sang antagonis utama. Setelah menjalani hukumannya, Poe bebas bersyarat. Ia pun pulang kepada keluarganya dengan menumpangi pesawat yang ternyata membawa sejumlah penjahat yang hendak dipindahkan ke tempat yang lain. Rupanya, para tahanan itu telah berencana membajak pesawat itu untuk melarikan diri ke negara lain. Poe pun berupaya menggagalkan rencana mereka, dengan berpura-pura menjadi bagian dari tahanan yang hendak melarikan diri.

Saat Poe menawarkan diri untuk membantu, Cyrus memujinya sebagai seorang yang sangat berguna. Lalu Poe menjawab, “Banyak tangan akan membuat pekerjaan ringan. Itu yang diajarkan ayahku.” Kemudian, dengan mimik serius, Cyrus bertanya, “Kau tahu apa yang diajarkan ayahku kepadaku?” Ketika Poe dengan penuh perhatian menanti jawabnya, Cyrus menjawab, “Tidak ada!” Ia seolah hendak berkata, ketiadaan pengajaran dari ayahnyalah yang membuatnya menjadi penjahat besar.

Ajaran dan teladan apa yang kita peroleh dari ayah kita? Jika kita adalah ayah, apa yang kita ajarkan kepada anak-anak kita? Salomo mengajak agar anak-anak mendengarkan didikan ayah mereka, sehingga mereka dapat menjalani hidup yang berkenan bagi Tuhan. Prinsip itulah yang ia terima dari ayahnya, Daud. Allah pun ingin agar kita sebagai ayah mengajarkan serta meneladankan kesalehan yang benar kepada anak-anak kita.

—HT/www.renunganharian.net


AJARAN DAN TELADAN KITA KEPADA ANAK-ANAK,
AKAN MENJADI NILAI-NILAI YANG MEREKA HIDUPI SEKALIPUN KELAK KITA TIADA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.