TETAP BERTEMU

1 2 3 4 5 Rating 4.46 (37 Votes)

Baca: WAHYU 21:1-8

Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata, “Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan tinggal bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Allah sendiri akan menyertai mereka, dan menjadi Allah mereka.” (Wahyu 21:3)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kisah Para Rasul 23-25



Dalam satu tahun, saya kehilangan enam orang hebat dalam hidup saya. Mereka adalah dosen-dosen terbaik yang pernah menolong saya untuk mengerti ilmu peternakan. Mereka berpulang di masa pandemi Covid-19. Hal itu membuat cara pandang saya tentang hidup menjadi berubah drastis. Kepergian mereka secara mendadak membuat saya banyak merenung tentang perjumpaan dan perpisahan.

Dalam Alkitab, kejadian seperti ini sangat sering dijumpai. Banyak tokoh mengalaminya sendiri. Meski demikian, perasaan kehilangan tetaplah mengguncang. Di satu sisi kita tidak akan bisa melihat mereka lagi. Namun, di sisi lain kita mendapat kesempatan memaknai kembali momen-momen yang masih diizinkan untuk bisa kita rasakan saat ini. Saat kita dalam duka dan mengalami serangkaian perasaan kehilangan atas orang-orang terkasih, keyakinan kita pada kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus memampukan kita mengingat janji Tuhan bahwa kita akan tetap bertemu. Maut tidak berkuasa, perkabungan dan ratap tangis akan berhenti, kita akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah kita. Ia akan diam bersama dengan kita (ay. 3-4).

Tidak baik berlarut-larut dalam kesedihan. Terbukalah akan firman Tuhan, sebab itulah yang akan menghibur hati kita. Belajar melepas dan rela. Tetap hidup dalam pengharapan. Melalui kematian dan dukacita, kita pun didorong untuk menyadari bahwa kelak kita akan mengalami perjumpaan kembali yang tidak diakhiri dengan perpisahan, yaitu hidup bersama Tuhan di kekekalan.

—YGP/www.renunganharian.net


KITA AKAN MENGALAMI PERJUMPAAN KEMBALI YANG TIDAK DIAKHIRI
DENGAN PERPISAHAN, YAITU HIDUP BERSAMA TUHAN DI KEKEKALAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.