PERPISAHAN YANG INDAH

1 2 3 4 5 Rating 4.65 (26 Votes)

Baca: KIS. PR. RASUL 20:17-38

Lalu menangislah mereka semua tersedu-sedu dan sambil memeluk Paulus, mereka berulang-ulang mencium dia. (Kis. Pr. Rasul 20:37)


Bacaan Alkitab Setahun:
Lukas 21-22



Perpisahan adalah suatu tahapan yang mungkin terjadi dalam sebuah hubungan, termasuk dalam dunia pelayanan. Para pelayan Tuhan bisa berpindah ladang pelayanan karena berbagai alasan: dipindah oleh pemimpin, mendapat panggilan pelayanan baru, atau alasan lainnya. Ada yang meninggalkan pelayanan karena sakit hati, kecewa, merasa ditolak, dan berbagai alasan negatif lainnya. Namun banyak juga yang meninggalkan pelayanan dengan linangan air mata dan kasih yang besar dari mereka yang telah merasakan pelayanan sang hamba Tuhan.

Membaca kisah perpisahan Paulus dengan para penatua jemaat Efesus sangat mengharukan sekaligus indah. Mereka bertemu di kota lain karena sempitnya waktu Paulus yang sedang dalam perjalanan ke Yerusalem. Kepada mereka, Paulus mengingatkan bagaimana ia tinggal di Efesus selama tiga tahun dan giat dalam memberitakan Injil. Ia menghadapi banyak penentangan, namun tetap meneladankan hidup sebagai pelayan Tuhan yang setia. Paulus berpesan agar mereka sungguh-sungguh menggembalakan jemaat Tuhan, agar mereka tidak berpaling dari ajaran yang benar.

Para penatua itu sangat terharu. Terlebih mereka tahu, itulah pertemuan terakhir mereka. Diisi dengan tangis, doa, pelukan hangat, ciuman perpisahan, mereka memberangkatkan Paulus ke kapal. Teladan, pengajaran dan pengorbanannya demi Kristus tetap akan mereka ingat dan ajarkan. Agar nantinya mereka juga dapat menjamah dan mengubah hidup banyak orang. Kiranya hidup kita juga meninggalkan jejak dan dampak yang baik bagi banyak orang, sehingga kelak, kita akan mengalami perpisahan yang indah dengan mereka.

—HT/www.renunganharian.net


SUATU SAAT KITA PASTI AKAN BERPISAH DENGAN ORANG-ORANG TERKASIH KITA,
KIRANYA HIDUP KITA TELAH MENINGGALKAN JEJAK DAN TELADAN BAIK BAGI MEREKA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.