IMAN SAJA TAK CUKUP?

1 2 3 4 5 Rating 4.09 (43 Votes)

Baca: 2 PETRUS 1:3-15

Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita. (2 Petrus 1:8)


Bacaan Alkitab Setahun:
Matius 23-24



Entah dari mana asalnya, hal pengenalan akan Allah kerap kali hanya diidentikkan dengan kondisi kehidupan rohani atau pertumbuhan iman seorang percaya. Hal ini tidak sepenuhnya salah, tetapi belum lengkap jika mencermati isi surat yang ditulis oleh Rasul Petrus. Suatu pesan yang diawali dengan nasihat agar setiap orang percaya dengan sungguh-sungguh berusaha menambahkan kepada iman mereka dengan tujuh perkara yang secara bersamaan perlu ditambahkan (ay. 5-7), jika menghendaki adanya pengenalan akan Allah yang berhasil.

Ketujuh perkara itu adalah kebajikan atau cara hidup yang baik. Namun, tak cukup hanya menambahkan kebajikan pada iman kita, tetapi perlu ditambah keenam perkara lainnya yakni menambah pengetahuan, penguasaan diri, ketekunan, kesalehan, kasih akan saudara seiman, dan kasih akan semua orang. Ketika itulah, kata Petrus, kehidupan kita akan dibuat giat dan berhasil dalam pengenalan akan Allah (ay. 8). Namun sayangnya, tak jarang orang percaya hanya berpuas diri ketika menaruh perhatian hanya pada kehidupan rohani (iman), sehingga lantas mengabaikan ketujuh perkara tadi yang seharusnya tidak boleh diabaikan!

Mari luangkan waktu sejenak untuk mengevaluasi hidup kita, terutama terkait ketujuh perkara yang perlu terus kita tambahkan dalam kehidupan kita selaku orang percaya. Jika sampai hari ini kita cenderung abai dengan ketujuh perkara di atas, mari segera berbenah selama masih ada kesempatan, niscaya pada masa mendatang kita akan dapat mengenal Allah dengan lebih baik lagi.

—GHJ/www.renunganharian.net


DALAM MENGENAL KRISTUS, IMAN JUGA PERLU DILENGKAPI DENGAN
PERKARA-PERKARA YANG MEMBANGUN JIWA DAN PIKIRAN KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.