UNTUK ORANG TUA

1 2 3 4 5 Rating 4.13 (47 Votes)

Baca: EFESUS 6:1-9

Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena demikianlah yang benar. (Efesus 6:1)


Bacaan Alkitab Setahun:
Matius 7-9



Saya sudah bertemu dengan banyak anak muda yang bergumul dalam relasi mereka terhadap orang tua. Di satu sisi, mereka ingin menghormati ayah dan ibu mereka, tetapi di sisi lain, mereka berhadapan dengan realita yang sulit. Ada ayah yang tidak bertanggung jawab serta menelantarkan keluarganya, atau ayah pemabuk, tidak setia dengan pasangan, sering bertindak kasar serta otoriter. Atau berhadapan dengan ibu yang kepahitan, pemarah, serta tidak menunjukkan rasa hormat terhadap pasangannya. Anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga yang demikian tentunya tidak mudah menaati dan menunjukkan rasa hormat terhadap orang tuanya.

Firman Tuhan sudah sangat jelas bahwa setiap anak diperintahkan untuk menghormati ayah dan ibunya. Ini berkali-kali ditegaskan baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Anak-anak diminta menaati orang tuanya karena itulah yang Tuhan kehendaki. Jadi tindakan ini dilakukan karena kita menaati Tuhan. Artinya, banyak orang tua yang berperilaku tidak benar dan tidak pantas, namun anak-anak diharuskan tetap menghormati mereka.

Idealnya, firman ini tidak hanya tertuju kepada anak-anak kita. Namun juga kepada para orang tua tentang bagaimana memperlakukan anak-anaknya. Itu sebabnya para orang tua diminta untuk hidup benar agar dapat mendidik anak-anaknya menurut ajaran Tuhan, serta tidak melakukan tindakan yang membuat hati anak-anaknya dipenuhi amarah dan kepahitan (ay. 4). Ketika orang tua menjalani hidup yang menaati Tuhan, maka anak-anak mereka pun memiliki teladan untuk diikuti dan dihormati, sehingga mereka menjadi anak-anak yang diberkati Tuhan.

—HT/www.renunganharian.net


ANAK-ANAK DIPERINTAHKAN UNTUK MENGHORMATI DAN MENAATI ORANG TUANYA.
ORANG TUA BERTUGAS MENJALANI HIDUP YANG MENDATANGKAN RASA HORMAT.


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.