RENCANA JAHAT YANG KETAHUAN

1 2 3 4 5 Rating 4.44 (34 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: ESTER 2:19-23

Tetapi perkara itu dapat diketahui oleh Mordekhai, lalu diberitahukannyalah kepada Ester, sang ratu, dan Ester mempersembahkannya kepada raja atas nama Mordekhai. (Ester 2:22)


Bacaan Alkitab Setahun:
Amos 6 - Obaja 1



Pernahkah Anda sedang asyik membicarakan seseorang, lantas orang yang sedang Anda bicarakan ternyata mendengar isi pembicaraan tersebut? Situasi yang masih bisa diterima jika isi pembicaraan terkait hal yang positif. Namun, jika isi pembicaraan adalah keburukan orang tersebut, terlebih fitnah, sangat mungkin akan timbul kemarahan dari orang yang dibicarakan. Saya pernah mengalaminya. Peristiwa kecil yang membuat saya lebih berhati-hati jika hendak membicarakan orang lain, bahkan sedapat mungkin saya hindari.

Hari itu, pembicaraan dua orang penjaga pintu terdengar oleh Mordekhai yang sedang duduk di pintu gerbang istana raja. Kedua penjaga itu mungkin tak menyangka bahwa pembicaraan rahasia mereka yang termasuk rencana jahat, didengar oleh Mordekhai, sosok yang dekat dengan Ratu Ester. Rencana jahat itu pun terbongkar setelah pihak istana menyelidiki, lalu kedua orang tadi menerima hukuman mati. Sementara, jasa Mordekhai ditulis dalam kitab sejarah, karena ia telah melakukan tindakan penting yang menyelamatkan nyawa Raja Ahasyweros.

Pesan apakah yang dapat kita pelajari dari kisah Mordekhai tadi? Pertama, jangan pernah membahas rencana jahat karena kalau Tuhan tidak berkenan, Ia dapat membuat orang lain mengetahui rencana itu, yang mendatangkan masalah bagi kita. Kedua, jadilah berani saat mendengar ada rencana jahat dengan melaporkannya pada orang yang tepat. Meskipun hal itu mungkin akan berisiko, tetapi kita melakukan hal yang benar dan mungkin dapat menyelamatkan nyawa orang lain.

—GHJ/www.renunganharian.net


ALLAH TAK PERNAH BERKENAN DENGAN RENCANA JAHAT,
YANG DAPAT DIA BUKA DALAM SEKEJAP MATA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.