MENYERGAP DALAM SENYAP

1 2 3 4 5 Rating 4.33 (36 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: AMSAL 14:21

... berbahagialah orang yang menaruh belas kasihan kepada orang yang menderita. (Amsal 14:21b)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yesaya 38-42



“Makan di rumah saja ya,” kata ibu itu kepada anaknya. “Uang kita habis untuk beli tiket kereta. Sisanya cuma cukup untuk naik angkutan kota.” Sambil menangis, balita itu mengangguk. Melihat itu, Nino membatalkan niatnya untuk makan di warung. “Terimalah, Ibu, saya mohon. Sekadar untuk makan siang,” kata Nino seraya mengulurkan selembar seratus ribuan.

Turun dari kereta, dengan perut kosong, Nino harus berjalan kaki hampir dua kilometer untuk sampai di rumah. Sisa uangnya tak lagi cukup untuk naik ojek. Meski begitu, ia merasa bahagia.

Pengalaman Nino tak asing buat kita: Melihat sesama menderita, hati kita tergerak oleh belas kasihan, dan menuntut agar kita berusaha menolong. Tuntutan hati itu begitu kuat hingga terasa sebagai kewajiban yang tak bisa ditolak.

Tuhan bersabda, “Berbahagialah orang yang menaruh belas kasihan kepada orang yang menderita.” Tuhan berjanji, jika kita menaruh belas kasihan kepada orang yang menderita—yakni ketika tuntutan hati untuk menolong sesama sungguh kita wujudkan— kita akan diliputi kebahagiaan. Kebahagiaan yang berbeda, yang kita alami bukan karena mendapatkan yang kita ingini, bukan karena kita mengharap apalagi mengejarnya, melainkan karena kita mengusahakan kebahagiaan sesama begitu rupa hingga justru lupa kebahagiaan sendiri. Kebahagiaan ini menyergap diam-diam, menyelinap senyap tak terduga, dan tahu-tahu sudah memenuhi hati.

Tahukah Anda bagaimana rasanya disergap kebahagiaan seperti itu? Anda benar, itu sangat indah. Sungguh sangat indah.

—EE/www.renunganharian.net


KETIKA DORONGAN HATI UNTUK MENOLONG SESAMA
SUNGGUH KITA REALISASIKAN, KITA AKAN DILIPUTI KEBAHAGIAAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.