DIAMPUNI UNTUK MENGAMPUNI

1 2 3 4 5 Rating 4.44 (36 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MATIUS 18:21-35

“Demikian juga yang akan diperbuat oleh Bapa-Ku yang di surga terhadap kamu, apabila kamu masing-masing tidak mengampuni saudaramu dengan segenap hatimu.” (Matius 18:35)


Bacaan Alkitab Setahun:
Amsal 28-31



Ketika seseorang melukai kita, kita dapat menulisnya di atas pasir agar angin maaf berembus menghapus tulisan itu. Ketika sesuatu luar biasa baik terjadi, kita harus memahatnya di atas batu hati kita, agar tidak pernah hilang tertiup angin. Itulah petikan nasihat kuno namun relevan agar kita tidak mudah menyimpan kesalahan orang lain. Banyak mengingat kebaikan orang lain memudahkan kita memaafkan orang lain.

Jika 1 talenta senilai 6.000 dinar, 1 dinar senilai upah 1 hari kerja maka utang 10.000 talenta senilai 60 juta dinar, yang harus dibayar sedikitnya 166 ribu tahun bekerja. Bandingkan dengan utang 100 dinar saja. Itulah gambaran dosa kita yang sangat besar yang tidak dapat diampuni dengan upaya kita apa pun. Namun itu telah diampuni oleh raja yakni Bapa Surgawi. Kita harus mengampuni orang lain yang sudah pasti kesalahannya lebih kecil dari dosa kita yang telah diampuni Bapa kita di surga.

Menganggap diri lebih baik dari orang lain, merupakan pemupukan kesombongan diri yang merupakan halangan bagi kita untuk mengampuni orang lain. Kita adalah manusia dengan dosa sangat besar yang hanya dapat dan telah ditebus sangat mahal dengan darah Yesus. Kesalahan sesama kita menjadi tidak berarti dibanding utang dosa kita yang telah dibayar Yesus. Sehingga tidak ada halangan lagi bagi kita mengampuni sesama. Adakah kita belum mengampuni kesalahan sesama kita? Mari ingat kembali pengorbanan Yesus bagi penebusan utang dosa kita.

—AWS/www.renunganharian.net


TIDAK ADA KESALAHAN YANG TIDAK DAPAT KITA AMPUNI,
SELAMA KITA MEMANDANG PENGAMPUNAN YESUS ATAS UTANG DOSA KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.