HIDUP YANG BERBUAH

1 2 3 4 5 Rating 4.44 (36 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MATIUS 13:1-23

“Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.” (Matius 13:23)


Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 119



Ada beberapa tanaman buah di sebidang tanah yang terletak di bagian belakang rumah. Ada pohon pepaya, kelengkeng, belimbing yang sudah beberapa kali berbuah, serta ada pula pohon nangka dan durian yang masih menunggu waktunya berbuah. Meski tidak terlalu paham soal merawat tanaman atau memaksimalkan agar berbuah banyak dan manis, saya tetap mengharapkan setiap pohon buah-buahan tersebut berbuah, sedikit banyak tak masalah!

Ketika Yesus menerangkan arti dari perumpamaan tentang penabur, disebutkan pada akhir pengajaran-Nya mengenai benih yang jatuh di tanah yang baik, lalu menghasilkan buah yang beragam. Ada yang seratus, enam puluh, dan tiga puluh kali lipat. Disebutnya tiga bilangan tadi tampaknya tidak dimaksudkan secara harfiah, tetapi Yesus ingin memberi pesan bahwa kehidupan orang percaya seharusnya menghasilkan buah. Soal sedikit banyak buah itu, setiap orang tidak dituntut untuk menghasilkan buah yang sama. Namun, harapan agar kehidupan orang percaya menghasilkan buah tetap menjadi prioritas.

Buah kehidupan orang percaya dapat beraneka ragam, mulai dari perubahan karakter, perbuatan baik, karya pelayanan, generasi penerus yang cinta Tuhan, hingga jiwa-jiwa yang menjadi percaya Kristus karena pelayanan yang kita lakukan. Hidup yang berbuah seperti pengajaran Yesus inilah yang hendaknya menjadi tujuan hidup setiap orang percaya, tanpa perlu membandingkan buah kehidupan pribadi dengan orang lain. Masihkah kita memiliki kerinduan untuk hidup berbuah bagi kemuliaan nama-Nya?

—GHJ/www.renunganharian.net


HIDUP YANG BERBUAH ADALAH SALAH SATU TANDA
ADANYA “KEHIDUPAN” DALAM DIRI ORANG PERCAYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.