PESONA ZAMAN

1 2 3 4 5 Rating 4.30 (50 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 KORINTUS 6:12-20

Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh. (1 Korintus 6:13b)


Bacaan Alkitab Setahun:
Nehemia 4-6



Korintus adalah kota metropolitan Yunani terkemuka pada zaman Paulus. Seperti banyak kota makmur masa kini, Korintus menjadi kota angkuh secara intelek, kaya secara materi, dan bejat secara moral. Segala macam dosa merajalela di kota ini di antaranya perbuatan cabul dan hawa nafsu. Orang-orang Korintus berpikir bahwa seperti hal hasrat untuk makan harus dipuaskan dengan makanan yang diinginkan, demikian pula dengan nafsu seksualitas harus dipuaskan dengan siapa pun yang diingini. Rupa-rupanya masih ada orang-orang percaya di Korintus menyukai dosa ini. Paulus yang menerima kabar tentang itu, memberikan penggembalaan.

Paulus menasihati bahwa tubuh bukanlah untuk percabulan. Tubuh diciptakan untuk kemuliaan Allah. Karena itu tubuh harus jadi alat kebenaran yang membawa kepada pengudusan dan kemuliaan. Kristuslah yang harus menjadi Tuhan atas tubuh.

Sejak semula hingga kini kuasa hawa nafsu tak pernah surut. Ia selalu menggoda dan merasuk setiap waktu. Manusia cenderung memilih sesuatu yang akan memuaskan hasratnya, lalu melupakan kehendak Allah. Manusia kecenderungannya berfokus pada kekayaan, kuasa, popularitas, penampilan yang menarik, dll.

Agar tak terjebak dalam pesona dunia hendaklah nasihat Paulus juga mengakar dalam hati kita. Hendaklah tubuh kita dipersembahkan kepada Allah sebagai persembahan yang hidup, yang kudus sebagai ibadah yang sejati. Hanya dengan demikian hawa nafsu akan ditaklukkan di bawah kuasa-Nya.

—PRB/www.renunganharian.net


MENAKLUKKAN HAWA NAFSU ADALAH CIRI MEREKA
YANG MEMPERSEMBAHKAN TUBUH SEPENUHNYA KEPADA ALLAH


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.