KAWAN YANG SEJATI

1 2 3 4 5 Rating 4.45 (47 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: IBRANI 13

“Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.” (Ibrani 13:5b)


Bacaan Alkitab Setahun:
2 Tawarikh 21-24



Joseph Scriven, seorang penyair ternama Irlandia, berencana menikahi kekasihnya. Namun tragis, sehari sebelum pernikahannya, sang kekasih pergi untuk selamanya karena tenggelam. Di umur yang masih muda yakni 25 tahun, demi mengubur lara yang dirasakannya ia kemudian pindah ke Kanada. Saat beberapa lama mengadu nasib di Kanada ia mendapat kabar bahwa sang ibu sakit keras. Ia sangat sedih tetapi ia tak dapat pulang. Lalu ia menulis puisi menghibur sang ibu. Puisi ini kemudian digubah Charles Crozat, menjadi himne yang sangat terkenal dan menguatkan jutaan orang di seluruh dunia. Himne itu adalah “Yesus Kawan yang Sejati”.

Ibrani 13:5b berbunyi, “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau, dan aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.” Nas ini dikutip Paulus dari Ulangan 31:6. Janji itu disampaikan Tuhan kepada Yosua sesaat setelah menggantikan Musa memimpin bangsa Israel. Karena janji itu Yosua yang penuh kekhawatiran dan ketakutan seolah mendapat semangat baru memimpin bangsa tegar tengkuk itu. Alkitab mencatat bahwa Yosua sukses dalam memimpin bangsa itu meski banyak sekali tantangan yang harus dihadapinya.

Paulus menguatkan orang-orang Ibrani yang sedang mengalami berbagai kesulitan pada saat itu karena iman mereka kepada Kristus. Mereka dianiaya dan diperlakuan secara tidak adil. Mereka hidup dalam kesusahan dan penderitaan.

Pesan yang sama disampaikan kepada kita bahwa Allah yang menyertai Yosua yang menjelma dalam Kristus tak akan pernah membiarkan dan meninggalkan mereka. Ia adalah Kawan yang sejati.

—PRB/www.renunganharian.net


KAWAN YANG SEJATI ITU SELALU HADIR DALAM SUKA DAN DUKA.
PENOLONG YANG SETIA DAN PENGHIBUR SEJATI.


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.