MENGHORMATI ORANG TUA

1 2 3 4 5 Rating 4.05 (57 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: EFESUS 6:1-3

Hormatilah ayahmu dan ibumu—ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: Supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi. (Efesus 6:2-3)


Bacaan Alkitab Setahun:
2 Raja-raja 24-25



Selama 10 tahun terakhir menjaga dan merawat ibu yang dalam kondisi sakit, sungguh menjadi pengalaman yang berharga. Meski terkadang dalam kondisi jiwa penat, adakalanya saya merasa terbebani dengan keadaan ini. Namun, berulang kali Allah mengingatkan agar saya bersabar dan tetap melayani ibu saya, melalui ayat-ayat Alkitab maupun pertemuan dengan orang-orang yang mengenal keluarga kami. Momen yang terasa sebagai penyegaran, di samping rasa syukur karena kasih karunia Allah masih memampukan saya untuk menjalankan tanggung jawab ini.

Menghormati orang tua juga berarti kesediaan merawat dan memperhatikan kehidupan mereka pada masa tua mereka. Suatu perintah yang penting menurut Alkitab, sehingga sebaiknya tidak boleh diabaikan, dianggap remeh, atau ditolak. Bagi mereka yang bersedia menaati perintah yang penting ini, ada janji berupa kebahagiaan dan panjang umur selama di bumi. Kata “panjang umur“ bisa pula diartikan sebagai mengalami kesehatan yang baik, sebagai faktor yang penting dalam usia seseorang di bumi. Apakah kita mau hidup lama di bumi tetapi dalam kondisi sakit-sakitan? Tentu saja tidak mau, bukan?

Jadi, di tengah kesibukan yang menyita fokus kita selama ini, mari luangkan waktu sejenak untuk bertanya pada diri sendiri, “Sudahkah saya menghormati orang tua? Sudahkah saya memperhatikan dan memedulikan mereka sebagaimana seharusnya sikap seorang anak terhadap orang tuanya?” Kiranya nasihat firman hari ini dapat memberi dorongan bagi kita untuk menghormati orang tua dengan lebih baik.

—GHJ/www.renunganharian.net


MERAWAT ORANG TUA ADALAH BUKTI KASIH NYATA KEPADA MEREKA,
YANG TELAH BERJASA BESAR DALAM HIDUP KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.