MENGELOLA KONFLIK

1 2 3 4 5 Rating 4.10 (41 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KEJADIAN 13

“Janganlah kiranya ada perkelahian antara aku dan engkau, dan antara para gembalaku dan para gembalamu, sebab kita ini kerabat.” (Kejadian 13:8)


Bacaan Alkitab Setahun:
2 Raja-raja 11-13



Dalam mata kuliah manajemen konflik, saya belajar tentang bagaimana mengelola konflik dengan baik. Salah satunya ialah salah seorang yang berkonflik harus memiliki kapasitas untuk mengenal dan merespons hal-hal yang penting dari orang lain serta bersikap tenang, tidak mempertahankan diri dan bereaksi dengan penuh rasa hormat. Gambaran ini dibuktikan Abraham saat ia merasakan suasana yang menegangkan antara gembalanya dengan gembala Lot.

Permasalahannya ialah negeri yang selama ini didiami tidak cukup luas untuk mereka hidup bersama (ay. 6-7), berkaitan dengan kebutuhan air dan makanan untuk domba mereka (ay. 10). Abraham adalah pamannya Lot dan sebagai seorang yang lebih tua kemungkinan ia ingin dihormati oleh Lot, namun Abraham melihat bahwa hubungan persaudaraan itu lebih penting dari apa yang dimilikinya (ay. 8) sehingga ia menyuruh Lot memilih lebih dulu tanah yang diingininya (ay. 9). Abraham memilih mengalah dan tidak mempertahankan diri, bahkan ia ingin mengerti apa yang Lot butuhkan.

Suasana pertengkaran akan muncul jika kedua belah pihak tidak ada perasaan mau mengalah dan berdamai. Hubungan persaudaraan itu lebih berharga dari apa pun yang ada di dunia, bukan? Begitu juga persaudaraan sebagai saudara seiman dalam Tuhan. Abraham tidak ingin relasinya dengan Lot terputus, maka ia harus bertindak bijak dalam mengambil keputusan. Ia bisa saja kehilangan hak pilih, tapi ia percaya Tuhan pasti akan mencukupkannya.

—YDS/www.renunganharian.net


KETIKA HATI KITA RELA MENGERTI ORANG LAIN
MAKA PERSAUDARAAN KITA AKAN TETAP UTUH


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.