NIKODEMUS

1 2 3 4 5 Rating 4.30 (66 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: YOHANES 3:1-21

Ia datang pada waktu malam kepada Yesus dan berkata, “Rabi, kami tahu bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorang pun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya.” (Yohanes 3:2)


Bacaan Alkitab Setahun:
2 Samuel 21-22



Banyak kisah orang Farisi dicatat dalam Alkitab dengan nada negatif karena kemunafikan mereka. Farisi adalah satu golongan elit Yahudi yang sangat menekankan pelaksanaan Taurat Musa, namun justru melenceng dari apa yang Allah maksudkan. Yesus sendiri sering mengecam kelompok ini, misalnya dalam Matius 23. Mereka juga sering kali menentang pengajaran Yesus.

Namun Nikodemus adalah Farisi yang berbeda. Suatu malam, ia datang menemui Yesus dan mengajukan beberapa pertanyaan setelah mengamati kehidupan Yesus dan pelayanan-Nya yang ajaib. Lalu Yesus mengajarinya tentang pentingnya dilahirkan kembali, yaitu percaya kepada Anak Allah yang tunggal untuk beroleh hidup kekal (ay. 16). Percakapan mereka dalam Yohanes 3 tidak menginformasikan bagaimana reaksi Nikodemus. Namun belakangan, ketika orang-orang Farisi hendak menangkap Yesus, Nikodemus membela-Nya (Yoh. 7:50-51). Bahkan ia inilah yang menurunkan mayat Yesus dari kayu salib, bersama Yusuf dari Arimatea, lalu mengafani-Nya, merempah-rempahi-Nya dan menguburkan-Nya (Yoh. 19:39-40). Awalnya Nikodemus menemui Yesus pada malam hari, barangkali untuk menyembunyikan diri dari sorotan Farisi lainnya. Ia tidak mau dikenali sebagai pengagum atau murid Yesus. Namun kemudian, ia berani menunjukkan imannya, bahkan dengan terang-terangan, sekalipun kondisinya berbahaya (pascapenyaliban Yesus).

Mengikut Kristus memang merupakan suatu proses. Bukan instan. Karenanya kita perlu menghargai setiap orang dalam tahapan mereka mengikuti Dia.

—HT/www.renunganharian.net


MENGIKUT KRISTUS ADALAH SERUPA MENAPAKI JALAN PANJANG,
SEMAKIN KITA MENGIKUTI-NYA, SEMAKIN KITA MENGENAL-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.