HARUS MENANGGUNG BEBANNYA

1 2 3 4 5 Rating 4.45 (31 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: YAKOBUS 1:12-18

Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada orang-orang yang mengasihi Dia. (Yakobus 1:12)


Bacaan Alkitab Setahun:
Hakim-hakim 8-9



Berdiri di atas podium sambil mengenakan mahkota bertabur permata menjadi impian dari setiap peserta kontes ratu kecantikan sejagat. Harapan yang menuntut dedikasi diri untuk dapat diwujudkan dalam kenyataan. Kenyataan yang mengisyaratkan bahwa perempuan dari negara mana pun yang berhasil mengenakannya, tidak pernah dapat melepaskan diri dari beban yang melekat pada mahkota tersebut. Tanggung jawab besar yang erat kaitannya dengan kerja keras dan kesungguhan diri.

Kekristenan pada dasarnya juga merujuk pada harapan dari orang percaya kelak dapat mengenakan mahkota kehidupan (ay. 12). Mahkota yang menunjuk kepada pemberian yang baik dan anugerah yang sempurna dari Tuhan (ay. 17). Penghargaan yang ditujukan kepada kita apabila telah menjalani hidup dengan penuh kesetiaan sampai embusan napas terakhir (Why. 2:10).

Kesetiaan yang memperlihatkan kesiapan dan kesediaan diri untuk menanggung beban yang melekat pada mahkota tersebut. Beban yang dapat dimaknai sebagai tanggung jawab kita dalam memenuhi panggilan hidup sebagai orang percaya. Tanggung jawab yang tak bisa dipisahkan dari keistimewaan kita menjadi anak sulung di antara semua ciptaan-Nya (ay. 18). Keistimewaan inilah yang sekaligus menunjukkan bahwa kita terpilih untuk masuk ke dalam Kerajaan Surga.

Siapa pun yang hendak mengenakan mahkota kehidupan harus menanggung bebannya. Beban yang menunjuk pada tanggung jawab kita sebagai pengikut Kristus yang setia. Kesetiaan yang pada akhirnya membuahkan pencapaian terbesar dalam hidup kita.

—EML/www.renunganharian.net


SETIAP ORANG PERCAYA YANG HENDAK MENGENAKAN MAHKOTA KEHIDUPAN
HARUS MENANGGUNG BEBANNYA SEBAGAI PENGIKUT KRISTUS YANG SETIA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.