YESUS MENGABULKAN PERMINTAAN SETAN?

1 2 3 4 5 Rating 4.69 (39 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MARKUS 5:1-20

Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan merasuki babi-babi itu. (Markus 5:13)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ulangan 8-10



Membaca judul renungan ini, mungkin kening Anda langsung berkerut sambil bertanya-tanya, “Apakah benar Yesus mengabulkan permintaan setan?” Silakan cermati ulang kisah yang dicatat oleh Markus ini, lalu baca dengan perlahan nas renungan yang menjadi fokus pembahasan hari ini, khususnya pada kalimat pendek: Yesus mengabulkan permintaan mereka.

Ya, kata “mereka” (ay. 13) memang merujuk pada kawanan setan yang menamakan diri mereka Legion karena jumlah mereka sangat banyak (ay. 9). Kedatangan Yesus tampaknya membuat kawanan setan itu terganggu, karena mereka mengenal siapa Yesus dan otoritas yang Yesus miliki dari Bapa-Nya. Itulah sebabnya mereka memohon agar jangan diusir dari daerah itu, tetapi diperbolehkan berpindah ke kawanan babi yang ada di sana (ay. 11-12). Respons Yesus selanjutnya mungkin tak diduga oleh siapa pun, tetapi faktanya tertulis dalam Alkitab bahwa Yesus mengabulkan permintaan Legion. Tentu Yesus tidak sedang berbaik hati kepada setan, tetapi Yesus berbelaskasihan pada manusia yang dirasuki kawanan setan tersebut. Ya, demi membebaskan satu orang … Yesus melakukan hal yang sukar dipahami sampai hari ini!

Merenungkan kisah ini sungguh membuat kita bersyukur: betapa manusia berharga bagi Yesus. Kematian dua ribu babi pun direlakan-Nya, demi memberikan pembebasan kepada orang yang dirasuki setan dengan luar biasa itu. Belas kasih ilahi yang sama yang Allah harapkan untuk kita miliki, khususnya atas jiwa-jiwa yang memerlukan keselamatan dan kasih Tuhan.

—GHJ/www.renunganharian.net


PENEBUSAN KRISTUS ADALAH BUKTI SAHIH AKAN KASIH ALLAH
YANG BEGITU BESAR BAGI SETIAP MANUSIA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.