BUKAN KEKURANGAN

1 2 3 4 5 Rating 4.16 (44 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: ULANGAN 7:1-11

“Bukan karena lebih banyak jumlahmu dari bangsa mana pun juga, maka hati TUHAN terpikat olehmu dan memilih kamu—bukankah kamu ini yang paling kecil dari segala bangsa?” (Ulangan 7:7)


Bacaan Alkitab Setahun:
Bilangan 23-25



Adakah manusia yang tidak memiliki kekurangan? Setiap manusia pasti memiliki kekurangan, oleh karena itu sering kali manusia mendambakan kesempurnaan dalam hidupnya, supaya dapat menutupi kekurangannya. Akan tetapi, alih-alih mencapai kesempurnaan, kekurangan kita justru semakin bertambah karena kita tidak bisa melihat diri kita sendiri. Daripada menyikapi setiap kekurangan kita, kita justru semakin tergoda untuk mencari kesempurnaan diri, karena kita merasa bahwa kita lebih baik dari orang lain.

Bangsa Israel sendiri adalah bangsa yang terkecil bila dibandingkan dengan lawan-lawannya. Hal itu jelas menjadi kekurangan mereka karena besarnya sebuah bangsa, dapat menentukan hasil peperangan pada saat itu. Tetapi Allah tidak melihat hal itu sebagai kekurangan mereka. Allah melihat bangsa Israel sebagai bangsa yang dikasihi-Nya. Pada titik inilah bangsa Israel diingatkan oleh Allah, bahwa hanya karena kasih-Nya, maka mereka mampu menghalau bangsa-bangsa yang lebih besar. Oleh karena kasih Allah pada umat-Nya itulah, maka bangsa Israel harus tetap setia kepada Allah, dan tidak tergoda dengan hal-hal yang menggoda kemanusiaan mereka yang tidak sempurna.

Dalam menjalani hidup, sering kali kita hanya fokus pada kekurangan kita, dan dengan berbagai cara kita berusaha untuk menutupi kekurangan kita. Kita lupa bahwa sejatinya kita memang makhluk dengan kekurangan, dan ada Allah yang mengasihi kita. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita menjalani hidup dengan tetap setia pada Allah, karena kita dimampukan di dalam-Nya.

—ZDP/www.renunganharian.net


JANGANLAH BERKECIL HATI KARENA KEKURANGANMU,
KARENA ALLAH TETAP MENGASIHI KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.