PENGHIBURAN DALAM DIAM

1 2 3 4 5 Rating 4.57 (30 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: AYUB 2

Lalu mereka duduk bersama-sama dia di tanah selama tujuh hari tujuh malam. Seorang pun tidak mengucapkan sepatah kata kepadanya, karena mereka melihat, bahwa sangat berat penderitaannya. (Ayub 2:13)


Bacaan Alkitab Setahun:
Bilangan 16-18



Mengunjungi teman yang sakit adalah bentuk kepedulian yang sangat baik. Namun tanpa dilakukan dengan bijak, alih-alih menghibur dan mempercepat pemulihan, kita dapat memperburuk keadaan. Hal ini dialami seorang teman yang dirawat karena serangan jantung. Ia harus masuk ke ruang ICU karena kelelahan menerima kunjungan banyak teman, hingga akhirnya meninggal.

Mendengar kabar penderitaan yang dialami Ayub, ketiga temannya yakni Elifas, Bildad dan Zofar datang berkunjung untuk menyatakan simpati. Mereka berdiam diri selama tujuh hari tujuh malam. Mereka menangis bersama, mengoyak jubah dan menabur abu di kepala sebagai tanda berkabung bersama Ayub. Mereka menunjukkan kepekaan dan menempatkan diri dengan tepat, yakni ikut merasakan penderitaan Ayub. Kehadiran mereka menguatkan Ayub. Di tengah penderitaan yang dialaminya, Ayub boleh melihat bahwa teman-temannya tidak meninggalkannya.

Ketiga teman Ayub tidak mengucapkan kata-kata penghiburan, nasihat, atau kutipan ayat Alkitab. Mereka tidak beramai-ramai mengunjungi Ayub sekadar untuk menjawab rasa ingin tahu mereka terhadap penderitaan Ayub. Mereka tidak memosisikan diri sebagai konselor yang menangani masalah, sedangkan Ayub adalah klien yang bermasalah. Mereka datang untuk menemani, memosisikan diri serendah jurang penderitaan yang dialami Ayub. Mereka paham, orang yang tengah mengalami penderitaan tidak membutuhkan banyak nasihat dan kata-kata penguatan. Mereka lebih merasa tertolong ketika memiliki teman yang merasa sepenanggungan.

—EBL/www.renunganharian.net


PENGHIBURAN BUKAN SEKADAR RANGKAIAN KATA BIJAK YANG KLISE.
PENGHIBURAN ADALAH UNGKAPAN RASA SEPENANGGUNGAN.


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.