TIDAK MELAKUKAN APA-APA

1 2 3 4 5 Rating 4.43 (49 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MATIUS 5:13-16

“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di surga.” (Matius 5:16)


Bacaan Alkitab Setahun:
Bilangan 10-11



Suatu kali saya menelepon seorang teman. Sebelum mengutarakan maksud yang sesungguhnya saya pun menanyakan, apakah saya mengganggunya. Ia menjawab, “Ah, tentu saja tidak. Aku sedang tidak ngapa-ngapain kok!” Maksud dari kata “tidak ngapa-ngapain” yang dikatakannya adalah bahwa ia sedang menghabiskan waktu dengan duduk santai di teras rumah.

Duduk santai sering dianggap sebagai sebuah kegiatan yang tidak penting. Karena itu sebagian orang membahasakannya dengan sedang tidak melakukan apa-apa. Padahal, dengan duduk pun kita dapat menyatakan kasih. Ketika kita duduk diam di ruang tunggu sebuah rumah sakit untuk menemani seorang teman yang suami/istrinya sedang menjalani operasi misalnya.

Menyatakan kasih tak selalu harus dengan tindakan spektakuler, sarana yang mewah, modal besar, perencanaan yang pelik, juga kemampuan merangkai nasihat dan kalimat penghiburan yang alkitabiah. Adakalanya nasihat dan kalimat penghiburan malah memperkeruh keadaan. Pada saat-saat tertentu seseorang yang sedang bergumul hanya perlu ditemani atau didengarkan keluh kesahnya. Dengan meluangkan waktu untuk menemani mereka di tengah kesendirian dan pergumulan, kehadiran kita sudah sangat menolong. Karena itu sesungguhnya tidak ada orang yang tidak dapat mengasihi. Tidak ada tindakan yang terlalu remeh untuk menyatakan kasih. Seumpama lilin yang mampu menerangi ruangan meski hanya sebatang, sekecil apa pun tindakan kasih akan memberi dampak. Bahkan memedulikan hal kecil melatih kita untuk peduli pada hal yang lebih besar.

—EBL/www.renunganharian.net


TIDAK ADA KASIH YANG TERLALU REMEH UNTUK DILAKUKAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.