MENGHIBUR DAN MENEGUR

1 2 3 4 5 Rating 4.44 (45 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 2 TIMOTIUS 3:10-17

Seluruh Kitab Suci diilhamkan Allah dan bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. (2 Timotius 3:16)


Bacaan Alkitab Setahun:
Matius 10-11



Dalam sebuah rapat panitia perayaan gerejawi, beberapa peserta rapat mengusulkan agar mencari seorang pendeta yang lucu sebagai pembawa firman. Namun, seorang peserta rapat berdiri dengan berani untuk menolak usulan itu. “Apa tujuan kita mencari pendeta yang lucu? Apakah firman Tuhan itu lelucon? Undang pelawak saja supaya dijamin lucu!” ujarnya.

Alih-alih dipahami sebagai media belajar yang menyatakan “teguran” untuk membawa hidup kepada pertobatan, fungsi khotbah sering kali bergeser menjadi media “hiburan”. Khotbah yang lucu pun lebih disukai daripada khotbah yang menyatakan ajaran kebenaran. Kabar baik yang menjadi inti pengajaran Allah sering dijadikan alasan supaya isi khotbah senantiasa berisi penghiburan, pengharapan, mukjizat, janji berkat dan jaminan damai sejahtera.

Memahami firman sebagai penghibur dan pemberi kekuatan bukan pemahaman yang salah. Namun bukan berarti firman selalu berisi lelucon. Sisipan lelucon sah-sah saja dipakai. Tetapi khotbah yang berisi penghiburan sejati bukan pertunjukan lelucon yang mengesampingkan pesan utama tentang kehendak Allah demi kepuasan pendengarnya. Firman dipakai Allah sebagai pembimbing yang mengarahkan kita kepada pengajaran yang benar, menghardik kesesatan, mengoreksi moral yang keliru dan menolong kita hidup dalam kesalehan. Pengajaran dan didikan inilah penghiburan sejati yang harus diperhatikan oleh orang percaya sebagai bekal untuk menghadapi tantangan zaman. Bukankah pengharapan akan kehidupan kekal merupakan penghiburan yang tiada tanding?

—EBL/www.renunganharian.net


KARYA KESELAMATAN ALLAH BAGI MANUSIA ADALAH TINDAKAN YANG SERIUS.
JANGAN MENANGGAPINYA SEBAGAI LELUCON!


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.