HUBUNGAN PRIBADI

1 2 3 4 5 Rating 4.10 (48 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MATIUS 6:5-15

“Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Dengan demikian, Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.” (Matius 6:6)


Bacaan Alkitab Setahun:
Maleakhi 1-4



Jane, gadis kelas tiga SMA yang selalu terburu-buru pulang demi menjemput anaknya yang masih duduk di bangku TK. Ia tak pernah malu menggandeng tangan anaknya ke mana-mana. Ia malah bangga dan merasa lebih hidup dengan keberadaan June, anaknya itu. Jane tak peduli banyak orang berkasak-kusuk dan memandangnya sebelah mata. Ia merasa tidak perlu menceritakan kepada mereka tentang June, anak yang ia temukan sewaktu masih bayi.

Ibadah adalah hubungan pribadi seseorang dengan Allah. Kehidupan ibadah yang utuh dilakukan dengan motivasi murni bagi kemuliaan Allah, tanpa mengharap pujian manusia. Tak perlu membela diri atau mengklarifikasi sekalipun disalah mengerti. Yesus pun mengajar para murid supaya menjalin hubungan pribadi yang intim dengan Allah. Mereka tak perlu memamerkan kesalehan di hadapan orang banyak untuk mencari pengakuan dan pujian. Sebab Allah yang mereka percaya adalah Allah yang Mahakuasa. Ia Mahahadir dan Maha Melihat. Ia mampu melihat dan menguji kemurnian setiap tindakan manusia.

Saat ini mungkin kita tidak berdoa dan beribadah seperti gaya orang Farisi. Tetapi kita patut mewaspadai motivasi setiap tindakan kita. Menuliskan doa dan membagikan foto melalui media sosial, misalnya. Jangan sampai kita melakukannya karena mengharap pujian manusia. Orang yang mencari pujian manusia tidak akan mendapat perkenan/upah Allah dari doa dan ibadahnya, karena motivasinya untuk memperoleh pujian manusia telah terpenuhi. Tidakkah Anda rindu membangun hubungan pribadi bersama Allah?

—EBL/www.renunganharian.net


IBADAH ORANG PERCAYA TIDAK DITUJUKAN KEPADA MANUSIA,
KARENA BUKAN DARI MEREKA PULA KITA MENANTIKAN JAWABAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.