DERITA DAN KESABARAN PARA NABI

1 2 3 4 5 Rating 4.41 (27 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: YAKOBUS 5:7-11

Saudara-saudara, turutilah teladan penderitaan dan kesabaran para nabi yang telah berbicara demi nama Tuhan. (Yakobus 5:10)


Bacaan Alkitab Setahun:
Zakharia 1-7



Topik khotbah mengenai berkat dan mukjizat selalu menarik perhatian umat Tuhan. Hal ini berbanding terbalik dengan topik mengenai penderitaan dan kesabaran dalam mengiring Kristus. Seandainya kedua topik tersebut disampaikan selama dua hari berturut-turut, maka kemungkinan antusiasme audiensi pada hari kedua tidak akan sekuat pada hari pertama. Kondisi tersebut pernah saya amati beberapa tahun silam di suatu gereja lokal.

Menjelang akhir suratnya, Rasul Yakobus menyinggung tentang topik yang cenderung dihindari oleh umat Tuhan pada masa kini. Mereka diminta untuk menuruti teladan penderitaan dan kesabaran para nabi. Para nabi disebut orang yang berbahagia karena ketekunan mereka selama mengiring Tuhan mendapat upah yang sepadan (ay. 11). Ya, untuk setiap penderitaan dan kesabaran yang dialami oleh umat-Nya, Allah tak pernah membiarkan ketekunan itu menguap tanpa arti. Sama seperti Allah memberkati Ayub yang telah bertekun dalam imannya, begitu pula Ia telah menyediakan upah bagi mereka yang bertekun dalam penderitaan dan kesabaran di dalam Kristus.

Alkitab dipenuhi dengan kisah luar biasa mengenai para tokoh yang berjuang dan bertahan dalam iman sampai akhir hidup mereka. Semuanya dituliskan untuk mempersiapkan umat Tuhan manakala dihadapkan pada perkara yang sama, maka mereka diharapkan dapat merespons dengan tepat. Jika saat ini kita merasa sedang mengalami proses terkait iman kepada Kristus, tetaplah bertahan dan bertekun dalam iman. Allah yang memampukan Ayub dan para nabi untuk bertekun dalam iman, juga akan menguatkan kita.

—GHJ/www.renunganharian.net


KESABARAN MENANGGUNG PENDERITAAN BERASAL DARI ALLAH,
BUKAN KARENA KEKUATAN ATAU KEHEBATAN MANUSIA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.