NUBUAT SESAT

1 2 3 4 5 Rating 4.54 (37 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: YEREMIA 28

Lalu berkatalah nabi Yeremia kepada nabi Hananya: “Dengarkanlah, hai Hananya! TUHAN tidak mengutus engkau, tetapi engkau telah membuat bangsa ini percaya kepada dusta.” (Yeremia 28:15)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yehezkiel 14-16



Hal yang paling menggembirakan bagi seseorang yang sedang menghadapi pergumulan hebat adalah mendengar jaminan akan terjadinya pemulihan. Inilah yang dirasakan oleh umat Israel ketika Nabi Hananya menyampaikan nubuatan tentang pemulihan. Betapa mereka bersukacita mendengar bahwa dalam dua tahun perkakas rumah Tuhan yang diangkut ke Babel dan Yekhonya bin Yoyakim, raja Yehuda, serta semua orang buangan akan pulang (ay. 2-4).

Nubuatan Hananya memberi harapan dan janji sejahtera. Tampaknya tidak ada alasan untuk meragukannya karena disampaikan di rumah Tuhan, di depan para imam dan seluruh rakyat. Hananya juga memberikan jaminan kebenaran nubuatannya dengan mengambil gandar yang terpasang di tengkuk Yeremia dan mematahkannya. Sayangnya, nubuatan yang diklaim berasal dari Allah itu ternyata nubuatan palsu. Hananya berdusta dengan mengucapkan perkataan yang tidak bersumber dari Allah. Hananya menipu umat dengan tujuan membatalkan nubuat yang disampaikan Nabi Yeremia. Tidak main-main, hukuman dari Allah atas penyesatan yang dilakukannya adalah Hananya mati dua bulan kemudian.

Kata-kata penghiburan yang manis didengar mungkin bagai oasis di padang gersang bagi sesama yang berada di tengah pergumulan. Namun sebaik apa pun kalimat penghiburan yang kita dengar atau kita ucapkan, adalah penyesatan jika tidak didasarkan pada terang kebenaran kehendak Tuhan. Lebih bijaksana jika kita mengujinya terlebih dahulu, memastikan bahwa semua itu bersumber dari kehendak Ilahi, bukan hanya ambisi pribadi.

—EBL/www.renunganharian.net


UJILAH SEGALA SESUATU DAN PEGANGLAH YANG BAIK


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.