HONEST THIEF

1 2 3 4 5 Rating 4.08 (65 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: YOHANES 4:1-42

Banyak orang Samaria dari kota percaya kepada-Nya karena perkataan perempuan itu yang bersaksi, “Ia mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kuperbuat.” (Yohanes 4:39)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yeremia 45-48



Dalam film Honest Thief, diceritakan seorang bernama Tom Dolan, pelaku perampokan belasan bank yang hendak insaf, lalu mengakui perbuatannya kepada polisi. Ia juga bermaksud mengembalikan semua uang curian, sebesar sembilan juta dolar AS, dengan kesediaan di penjara sambil menyebut syarat tertentu yang harus dipenuhi. Ketika polisi bertanya mengapa ia melakukan hal yang tak lazim itu, Tom menjawab, “Aku telah bertemu seorang wanita dan ingin menjalani hidup tanpa rasa bersalah.”

Mencermati isi film tadi, saya pun teringat dengan para tokoh dalam Alkitab yang mengalami perubahan kehidupan secara drastis setelah berjumpa dengan Yesus. Kita ingat bahwa sebagian dari para rasul, menerima tujuan hidup yang baru setelah berjumpa dengan Yesus—dari penjala ikan menjadi penjala manusia. Ada pula kisah Zakheus, seorang pemungut cukai dengan stigma buruk di masyarakat, tetapi hidupnya diubahkan usai Yesus mampir ke rumahnya. Dalam nas hari ini, kita melihat bagaimana seorang wanita yang hidup “tidak benar”, bertobat dan mendadak menjadi “penginjil” setelah berjumpa dan bercakap-cakap dengan Yesus di dekat sumur. Kuasa dari perjumpaan yang sungguh dahsyat, bukan?

Perkara yang sama dapat kita alami ketika kita “berjumpa” dengan Tuhan lewat kebenaran firman-Nya maupun ketika Roh-Nya mengubahkan hati kita. Kuasa perjumpaan yang dapat mengubah cara pandang tentang kehidupan, menyadarkan akan kesalahan kita, bahkan mengubahkan jalan hidup kita secara drastis, seperti dialami para tokoh Alkitab. Maukah kita mengalaminya?

—GHJ/www.renunganharian.net


BERSYUKURLAH KARENA ANDA BERJUMPA DENGAN KRISTUS,
KARENA HIDUP ANDA TELAH DAN AKAN TERUS DIUBAHKAN-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.