ZERESH

1 2 3 4 5 Rating 4.11 (108 Votes)

Baca: ESTER 5:9-14

Lalu kata Zeresh, isterinya, dan semua sahabatnya kepadanya: “Suruhlah orang membuat tiang yang tingginya lima puluh hasta, dan persembahkanlah besok pagi kepada raja, supaya Mordekhai disulakan orang pada tiang itu; kemudian dapatlah engkau dengan bersukacita pergi bersama-sama dengan raja ke perjamuan itu.” (Ester 5:14)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yeremia 34-36



Dalam kehidupan rumah tangga, peran istri sangat berpengaruh terhadap keberhasilan atau kegagalan suami. Itu sebabnya ada ungkapan, “Di balik keberhasilan seorang suami, terdapat istri yang hebat.” Tentu saja hal sebaliknya juga berlaku. Faktor utamanya tentu ada pada sang suami atau istri, namun pasangan dapat menjadi seorang penolong, pendorong, motivator, pengoreksi, bahkan pengkritik.

Zeresh melakukan peran ini dengan cara yang salah. Ia adalah istri Haman, pejabat tertinggi di Kerajaan Persia dan merupakan kepercayaan Raja Ahasyweros. Sayangnya, Haman merasa bahwa segala kekayaan dan kehormatan yang dimilikinya tidak berarti karena satu orang yang tak bersedia berlutut dan sujud padanya, yakni Mordekhai. Mendengar masalah itu, Zeresh mengusulkan agar didirikan satu tiang yang tinggi, agar Mordekhai digantung di sana. Namun kemudian semuanya berbalik.

Ternyata, Mordekhai adalah seorang yang pernah menyelamatkan raja dari rencana pembunuhan, dan ia merupakan sepupu sang ratu (Est. 2:7). Ia sangat dihormati raja. Mendengar itu, Zeresh justru melemahkan hati Haman. “Kau sudah jatuh. Kau tidak akan sanggup melawan dia,” katanya (Est. 6:13). Cerita ini berakhir tragis. Haman lalu digantung di tiang yang dibangunnya atas gagasan istrinya. Kesepuluh anaknya juga mati dengan cara yang sama (Est. 9:10,13-14).

Seperti Zeresh, kita dapat menghancurkan pasangan kita. Namun kita juga dapat melakukan hal sebaliknya, yakni membangun dan menjaganya melangkah di jalan yang benar.

—HT/www.renunganharian.net


KITA SEDANG MENJERUMUSKAN ORANG-ORANG TERKASIH KE DALAM JURANG,
JIKA TIDAK KITA PERINGATKAN DI SAAT MEREKA BERTINDAK MENYIMPANG


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.