JUDUL YANG MENIPU

1 2 3 4 5 Rating 4.49 (53 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 2 KORINTUS 3

Kamulah surat pujian kami yang tertulis dalam hati kami, yang dikenal dan dapat dibaca oleh semua orang. (2 Korintus 3:2)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yeremia 32-33



Menentukan judul menjadi salah satu bagian penting yang harus diperhatikan dalam menulis. Judul hendaknya dibuat semenarik mungkin supaya menarik minat orang untuk membaca. Namun bagaimana jika ternyata judul tidak mewakili isi? Akhir-akhir ini dengan mudah kita menemukan hal yang demikian terjadi pada artikel-artikel media online. Akibatnya warganet pun berkomentar: “Berita hanya mengejar peringkat, isinya tidak sesuai dengan judul.” Alih-alih menarik perhatian, semakin lama media tersebut malah kehilangan kepercayaan pembaca.

Ibarat karya tulis, judul kita adalah orang Kristen. Dengan mengaku Kristen maka semestinya kita menyatakan sikap hidup sebagai anak-anak Allah, menjadi “surat pujian yang terbuka”. Kehadiran kita dapat dibaca dengan mudah oleh semua orang. Maka pertanyaan yang perlu untuk kita renungkan adalah: “Sungguhkah diri kita menyatakan isi yang sesuai dengan judulnya?”

Kristus memberikan keteladanan supaya hidup orang Kristen meneladan nilai hidup-Nya. Seorang Kristen sejati bukan hanya nebeng nama baik karena Kristus sempurna dalam kekudusan. Seorang Kristen harus memiliki kasih dan kekudusan hidup. Ini bukan sebuah otomatisasi yang menjadi sah dan selesai ketika kita mengaku Kristen. Kristen adalah tindakan nyata sepanjang hidup. Pengakuan iman seorang Kristen harus dibarengi dengan hidup dalam pertobatan. Tanpa kesungguhan hati dan penyerahan diri hidup dalam pimpinan Roh, alih-alih mendapatkan bagian dalam Kerajaan Surga, kita hanya akan mencoreng nama Bapa.

—EBL/www.renunganharian.net


JADILAH SAKSI KRISTUS YANG BUKAN SEKADAR JUDUL, MELAINKAN JUGA ISI,
KARENA KRISTUS BUKAN OMONG KOSONG, MELAINKAN OMONG ISI


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.