LIHATLAH HAL TERBAIK

1 2 3 4 5 Rating 4.35 (48 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KIS. PR. RASUL 9:1-19A

Sementara itu hati Saulus masih berkobar-kobar untuk mengancam dan membunuh murid-murid Tuhan. Ia menghadap Imam Besar. (Kis. Pr. Rasul 9:1)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yeremia 23-25



Saat saya bingung mencari tukang untuk memperbaiki atap rumah yang bocor, seorang tetangga merekomendasikan seseorang. Sebutlah namanya Ahe. Yang saya tahu, Ahe ini orangnya jorok, loyo dan ngantukan. “Jangan hanya lihat jeleknya. Begitu-begitu dia jago urusan betulin rumah,” kata tetangga. Saya temui Ahe dan minta tolong dia memperbaiki atap. Ternyata hasil kerjanya mantap. Sampai sekarang rumah kami aman dari bocor padahal hampir setiap hari turun hujan.

Kita harus senantiasa mencari hal-hal terbaik yang terdapat dalam diri setiap orang. Apa yang kita fokus dan cari, itulah yang kita lihat. Kalau kita mencari-cari jeleknya seseorang, pasti kita temukan jeleknya. Tapi kalau kita mencari kebaikannya, pasti kita temukan baiknya. Di mata Ananias, Saulus adalah seorang yang berbuat banyak kejahatan untuk orang-orang kudus di Yerusalem (ay. 13). Alkitab mencatat Saulus berusaha membinasakan jemaat Tuhan, masuk dari rumah ke rumah, menyeret laki-laki dan perempuan keluar dan memasukkan mereka ke dalam penjara (Kis. 8:1b-3). Tetapi Tuhan melihat hal terbaik dari Saulus, yaitu hati yang berkobar-kobar. Saulus bisa dipakai untuk memberitakan nama Kristus kepada bangsa-bangsa lain, serta raja-raja, dan orang-orang Israel (ay. 15). Saulus akhirnya menjadi rasul yang sangat giat menginjil.

Saat kita melihat hal-hal terbaik dalam diri seseorang, itu membuat mereka merasa dihargai. Selanjutnya, mereka akan berusaha menjadi lebih baik lagi. Sikap yang kita berikan adalah sikap yang kita peroleh dari orang lain.

—RTG/www.renunganharian.net


KITA HARUS SENANTIASA MENCARI HAL-HAL TERBAIK
YANG TERDAPAT DALAM DIRI SETIAP ORANG


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.