TUNDUK PADA OTORITAS

1 2 3 4 5 Rating 4.37 (51 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: YOSUA 5

Jawabnya: "Bukan, tetapi akulah Panglima Balatentara TUHAN. Sekarang aku datang." Lalu sujudlah Yosua dengan mukanya ke tanah, menyembah dan berkata kepadanya: "Apakah yang akan dikatakan tuanku kepada hambanya ini?" (Yosua 5:14)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yeremia 4-6



Tidak sedikit orang kristiani dikaruniai Tuhan menjadi pemimpin. Melalui kepemimpinan mereka, banyak orang terinspirasi. Keteladanan hidup mereka pun mampu mengangkat kehidupan orang-orang yang terpuruk. Mengagumkan! Tetapi di titik inilah hati seorang pemimpin diuji. Masihkah ia sadar diri dan tetap menjaga hatinya murni di hadapan Sang Pemimpin Sejati? Tidak jarang pemimpin kristiani berubah tinggi hati dan jatuh dalam keangkuhannya.

Yosua dipilih Tuhan menggantikan Musa. Sejak semula Tuhan mengingatkan bahwa pemimpin utama umat Israel adalah Tuhan sendiri. Yosua hanyalah alat yang dipercaya untuk memimpin umat-Nya dengan membawa otoritas Tuhan. Peringatan ini menyadarkan Yosua tentang posisinya sebagai pemimpin kecil di bawah Pemimpin Sejati. Pengakuannya ini juga diwujudkan dengan sikap tunduknya untuk selalu mengikuti perintah Sang Pemimpin Sejati. Sikap tunduknya pada otoritas Tuhan memampukannya untuk menjaga diri tetap rendah hati dan murni di hadapan Tuhan sampai akhir hidupnya.

Untuk melaksanakan rencana-Nya yang besar di bumi ini, Tuhan memakai dan memperlengkapi kita dengan kuasa-Nya. Kita dipilih-Nya untuk menjadi pemimpin dalam berbagai tugas pelayanan. Belajar dari Yosua kita diingatkan untuk selalu sadar diri agar tetap rendah hati. Terjaganya hati terjadi ketika kita menyadari bahwa hanya Tuhan saja pemimpin umat yang sejati. Tetap tunduk pada otoritas-Nya melalui ketaatan, dan menjaga hidup tetap berkenan kepada-Nya. Dengan demikian, godaan keangkuhan tidak mendapat tempat dalam hati kita.

—SYS/www.renunganharian.net


KESADARAN DIRI UNTUK MENGAKUI DAN TUNDUK PADA OTORITAS TUHAN,
SANG PEMIMPIN SEJATI, MENOLONG AGAR TETAP RENDAH HATI


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.