TAK LAGI NAJIS

1 2 3 4 5 Rating 4.36 (42 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MARKUS 5:21-34

Lalu kata-Nya kepada perempuan itu, “Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan damai dan tetaplah sembuh dari penyakitmu!” (Markus 5:34)


Bacaan Alkitab Setahun:
Amsal 24-27



Sejak masa lalu, dalam tradisi Yahudi, perempuan memang dipandang sebelah mata. Dalam kondisi fisik yang sehat saja seorang perempuan dianggap memiliki status yang rendah, apalagi jika ia diketahui sakit pendarahan! Tak hanya direndahkan, ia juga dianggap seorang najis sehingga layak untuk dijauhi dan dikucilkan. Karena menurut mereka, siapa pun yang menyentuhnya, pasti menjadi najis!

Namun hari ini Injil Markus menulis bagaimana Yesus mendobrak tradisi Yahudi itu. Perempuan yang sakit pendarahan dua belas tahun itu sudah begitu menderita. Ia menderita bukan saja karena sakit yang tak kunjung sembuh, tetapi lebih dari itu, penolakan orang terhadapnya. Perempuan itu ingin dibebaskan dari semua penderitaannya dan satu-satunya cara adalah dengan segenap kekuatannya menerobos kerumunan orang hanya demi menjamah jumbai jubah Yesus. Dan, imannya pun terbukti! Ia tidak hanya disembuhkan dari penyakitnya, tetapi ia juga diselamatkan-Nya. Kepada orang-orang, Yesus menegaskan bahwa perempuan yang selama ini mereka anggap najis itu, kini telah menjadi tahir. Tak ada lagi alasan bagi mereka untuk memandang rendah atau mengucilkannya.

Dahulu, kita adalah orang-orang yang demikian najis karena dosa-dosa kita. Kita menderita karena dosa, kita demikian menjijikkan dan layak untuk dibinasakan. Namun seperti perempuan yang telah ditahirkan itu, kita hanya perlu iman untuk datang dan menyentuh Yesus. Iman yang meyakini bahwa hanya Yesus yang sanggup menjadikan tahir dan menyembuhkan derita kita. Seburuk atau sehina apapun orang memandang kita, Yesus tetap menerima kita. Dia telah memberikan diri-Nya untuk menjadikan hidup kita tahir.

—SYS/www.renunganharian.net


KEYAKINAN AKAN FIRMAN DAN IMAN DI DALAM YESUS KRISTUS,
ITULAH YANG MENJADIKAN HIDUP KITA TAHIR DARI NAJISNYA DOSA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.