DOA PAGI FARISI

1 2 3 4 5 Rating 4.43 (46 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MATIUS 6:5-13

“Apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang.” (Matius 6:5)


Bacaan Alkitab Setahun:
Amsal 20-23



Salah seorang teman saya yang dahulu rajin mengikuti kegiatan doa pagi, setelah pindah gereja mengeluh, “Sekarang, aku jarang mengikuti kegiatan doa pagi di gereja. Yang kudengar selalu doa yang ujungnya berakhir pada diri sendiri, aku ... aku ... dan aku, bukan Kristus yang dibicarakan, tetapi kehebatan kerohanian diri sendiri. Capek mendengarnya!”

Coba kita andaikan saja, Tuhan Yesus dan seorang Farisi berada dalam tempat yang sama dalam persekutuan doa, lalu mereka berdua bergantian berdoa, dimulai dari Tuhan Yesus terlebih dahulu, “Bapa kami yang di surga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di surga” (ay. 9-10). Orang Farisi segera berdiri dengan suara lantang dan keras ia menyahut, “Ya Allah, aku mengucap syukur kepada-Mu, karena aku tidak sama seperti semua orang lain, bukan perampok, bukan orang lalim, bukan pezina dan bukan juga seperti seorang pemungut cukai. Aku selalu berpuasa demi mendukung kegiatan rumah Allah. Aku selalu rutin memberikan sepersepuluh, oleh karena itu aku percaya, Engkau ya Allah memberkatiku” (Luk. 18:11-12). Tuhan Yesus lalu menutup persekutuan doa pagi itu dengan doa-Nya, “... [Karena Engkaulah yang punya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.]” (ay. 13).

Doa selalu penting bagi seorang Kristiani, tetapi sering kali orang dihakimi sebagai seorang yang malas berdoa karena ia tidak mengikuti secara rutin persekutuan “doa pagi Farisi”. Setelah merenung, mari jawab dengan jujur, persekutuan doa Tuhan Yesus atau “doa pagi Farisi” yang sebenarnya orang ingin ikuti?

—GIE/www.renunganharian.net


DOA PAGI FARISI MENYESAP HABIS ENERGI,
BERDOA BERSAMA TUHAN YESUS MENAMBAHKAN ENERGI


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.