SIAP KEHILANGAN

1 2 3 4 5 Rating 4.41 (56 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MARKUS 6:14-29

Waktu Herodes mendengar hal itu, ia berkata, “Bukan, dia itu Yohanes yang sudah kupenggal kepalanya, dan yang bangkit lagi.” (Markus 6:16)


Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 101-105



Kita telah mendengar firman bahwa salah satu tindakan kasih kita kepada seseorang adalah memberikan teguran yang nyata ketika terjadi penyimpangan. Sementara memilih bersikap diam terhadap kesalahan seseorang mungkin adalah langkah yang membuat kita aman dan jauh dari risiko buruk, itulah kasih yang tersembunyi. Berani menegur dan menyatakan kebenaran itu mengandung risiko, kita bisa kehilangan banyak hal.

Apa yang menimpa Yohanes Pembaptis tidak jauh beda dengan apa yang telah dialami para nabi yang hidup sebelumnya. Mereka sama-sama menjadi penyampai pesan Tuhan, menyatakan kebenaran di tengah bangsa yang bengkok hati, dan kemudian mengalami akhir hidup yang sama: kehilangan nyawa! Pernyataan Herodes yang menyatakan bahwa Yesus adalah Yohanes Pembaptis yang “bangkit kembali” seakan memberikan petunjuk nyata tentang harga yang harus dibayar dari pelayanan Yesus dan para murid-Nya di kemudian hari. Bahwa Yesus akan mati terpaku bagai penjahat dan para murid-Nya pun akan menderita aniaya sebagai para pemberita kebenaran.

Menjadi pengikut Kristus sejati berarti siap menjadi pemberita kebenaran di tengah situasi yang penuh penyimpangan. Namun kita pun disadarkan bahwa menjadi pemberita kebenaran ada harga yang harus dibayar, ada risikonya. Karena berdiri teguh dalam kebenaran, kita mungkin tidak sampai kehilangan nyawa, tetapi kehilangan kesempatan promosi dalam pekerjaan, kehilangan reputasi, kehilangan rasa keadilan, dsb. Dan di sinilah keputusan kita diuji: Apakah kita siap berdiri di atas kebenaran dengan segala risikonya ataukah kita akan ikut berlaku menyimpang asal hidup aman?

—SYS/www.renunganharian.net


SETIAP KEPUTUSAN KETIKA MENYAKSIKAN KETIDAKBENARAN AKAN
MEMBUKTIKAN APAKAH KITA ADALAH YOHANES PEMBAPTIS ATAU HERODES


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.