KECUALI KALEB DAN YOSUA

1 2 3 4 5 Rating 4.73 (41 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: BILANGAN 14:11-30

“Bahwasanya kamu ini tidak akan masuk ke negeri yang dengan mengangkat sumpah telah Kujanjikan akan Kuberi kamu diami, kecuali Kaleb bin Yefune dan Yosua bin Nun!” (Bilangan 14:30)


Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 67-71



Dunia ini memang penuh ketidakadilan. Apa yang kita harapkan acap kali yang terjadi justru sebaliknya. Tidak sedikit orang berusaha hidup benar, tetapi tetap saja dianggap pihak yang bersalah dan menderita. Sebaliknya, mereka yang hidup jauh dari kebenaran, jalan hidup mereka justru tampaknya baik-baik saja dan menyenangkan. Mereka yang berlaku benar seperti kaum tertindas yang selalu dituntut mengalah. Bahkan, harus ikut menanggung derita akibat kesalahan yang dilakukan orang lain.

Jika demikian halnya, apakah yang hendak kita katakan tentang Kaleb dan Yosua? Ketika bangsanya memberontak dan menolak untuk memercayai janji Tuhan, Yosua dan Kaleb mati-matian mengingatkan mereka untuk tetap percaya. Sayangnya bangsa itu tetap tegar tengkuk! Seluruh angkatan dibinasakan Tuhan di padang gurun dan tidak akan masuk negeri Kanaan, kecuali Yosua dan Kaleb. Yosua dan Kaleb telah membuktikan diri mereka hidup benar dan setia kepada Tuhan, tetapi mereka berdua harus juga ikut berjalan empat puluh tahun lamanya di padang gurun. Yosua dan Kaleb bisa saja protes dengan ketidakadilan itu. Tetapi mereka memilih untuk tetap menjaga hati dan tidak lemah iman ketika harus turut memikul derita bangsanya.

Ketika menyaksikan ketidakadilan yang terjadi, seperti apakah reaksi kita? Apakah kita merasa bahwa mempertahankan hidup bersih di hadapan Tuhan itu adalah sebuah kesia-siaan? Atau sebaliknya, kita akan memilih bersikap seperti Yosua dan Kaleb yang tetap berkomitmen hidup benar dan percaya kepada firman Tuhan sekalipun kenyataan tidak seperti yang diharapkan? Kiranya Tuhan menemukan hati yang bersih dan setia dari hidup kita.

—SYS/www.renunganharian.net


DI DUNIA, ORANG YANG BERLAKU BENAR DAN BERSIH TAMPAKNYA TENGGELAM,
TETAPI TANGAN TUHAN SELALU MERAIH DAN MENYELAMATKANNYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.