MENCARI HORMAT

1 2 3 4 5 Rating 4.29 (48 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: LUKAS 14:7-11

“Tetapi, apabila engkau diundang, pergilah duduk di tempat yang paling rendah. Mungkin tuan rumah akan datang dan berkata kepadamu: Sahabat, silakan duduk di tempat yang lebih terhormat. Dengan demikian, engkau akan menerima hormat di depan mata semua orang yang makan bersamamu.” (Lukas 14:10)


Bacaan Alkitab Setahun:
2 Raja-raja 6-8



Lebih baik kita mendapatkan hormat yang diberikan oleh orang lain, bukan yang dicari. Hormat diberikan karena kita memang pantas menerimanya, bukan karena kita yang menuntutnya dari orang lain. Biasanya, orang akan memberikan hormat yang tinggi karena apa yang ada di dalam kita. Tuhan Yesus disembah dan diagungkan bukan karena ia kaya, tubuhnya atletis, atau wajah-Nya menawan. Tetapi, Dia mendapatkan hormat yang tertinggi berdasarkan “siapa Dia” dan “apa yang telah dilakukan-Nya”.

Bukankah banyak orang tua yang sekalipun nampak biasa, tetapi begitu kita hormati karena apa yang ada di dalam mereka? Orang tidak peduli apa yang kita katakan, tetapi apa yang kita bangun. Jangan kita sudah tidak punya karakter diri yang baik dan tidak menunjukkan prestasi karya apa pun, tetapi gampang merajuk ketika tidak dihormati. Justru orang akan memandang rendah kita.

Kalau mau mencari hormat, carilah hormat yang dari Tuhan, bukan dari manusia. Karena hormat dari Tuhan bernilai kekal dan tidak mudah berubah. Tuhan menghargai mereka yang tekun membenahi karakter diri, sesuatu yang di dalam ketimbang penampilan yang di luar. Mereka setia melakukan apa yang Tuhan minta sekalipun luput dari sorotan perhatian dan pengagungan orang sekitar. Bagi mereka, hormat manusia hanyalah bonus yang tidak perlu dikejar!

—HTN/www.renunganharian.net


ORANG YANG MENGUTAMAKAN HORMAT DARI TUHAN TIDAK GAMPANG
TERGANGGU KETIKA HORMAT MANUSIA TIDAK DIPEROLEHNYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.