RODE, SI HAMBA PEREMPUAN

1 2 3 4 5 Rating 4.59 (44 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KIS. PR. RASUL 12:1-19

Ketika ia mengetuk pintu gerbang, datanglah seorang hamba perempuan bernama Rode untuk mengetahui siapa yang mengetuk itu. (Kis. Pr. Rasul 12:13)


Bacaan Alkitab Setahun:
1 Raja-raja 1-2:25



Nama Rode hanya sekali disebutkan dalam Alkitab. Sebelum kisah yang melibatkan Petrus, yang baru saja dibebaskan oleh malaikat Tuhan dari penjara, maupun sesudahnya, nama Rode tidak lagi disebutkan. Namun, perbuatannya tak bisa diabaikan begitu saja karena jika perannya tak cukup penting, maka namanya tentu tidak tertulis dalam Alkitab sebagaimana sosok-sosok anonim lainnya yang pernah disebutkan oleh para penulis Alkitab.

Hari itu ada ketukan di pintu ketika para murid Tuhan berkumpul di rumah Maria untuk berdoa. Rode lantas mendekati pintu gerbang untuk mencari tahu siapakah sosok di balik pintu. Begitu mendengar suara Petrus, saking girangnya Rode tidak membukakan pintu, tetapi memberitahukan kepada orang-orang di rumah Maria. Akhirnya, mereka bersama-sama membukakan pintu supaya Petrus bisa masuk, lalu mendengar bagaimana Petrus bisa berada di hadapan mereka (ay. 14-17). Keluarnya Petrus dari penjara juga tak lepas dari doa yang mereka daraskan di hadapan Tuhan, yang mungkin tak pernah disangka bahwa jawaban doa itu datang begitu cepat (ay. 5).

Rode, seorang hamba perempuan, bisa dianggap orang pertama yang mengetahui datangnya jawaban doa mereka, karena dialah yang mendengar suara Petrus pertama kali—meski saat menyampaikan, ia sempat dikira mengigau. Itulah cara kerja Tuhan yang sering kali tak dapat kita duga. Jika Allah berkehendak, Ia bisa memakai siapa pun untuk menyampaikan sesuatu yang baik kepada orang lain, bahkan menjadi jawaban doa. Maukah kita dipakai Allah seperti Rode?

—GHJ/www.renunganharian.net


ALLAH DAPAT MEMAKAI SIAPA PUN UNTUK MENJADI ALAT-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.