MAWAS DIRI

1 2 3 4 5 Rating 4.27 (59 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 Timotius 6:2b-10

Sebab kita tidak membawa apa pun ke dalam dunia dan kita pun tidak dapat membawa apa-apa ke luar. (1 Timotius 6:7)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Ezra 10



Love Song to the Earth merupakan lagu yang menyerukan perlunya setiap orang bersikap arif dalam menjaga bumi. Seruan ini menjadi penting bagi kita demi memupus sikap eksploitatif terhadap alam yang semakin hari kian memiriskan hati. Sikap yang tak mengindahkan kelestarian lingkungan hanya berujung pada suramnya masa depan bumi sebagai tempat tinggal bersama. 

Kearifan untuk merawat bumi mengisyaratkan sikap mawas diri yang bertolak dari kesadaran bahwa bumi adalah milik Tuhan (Kel. 9:29). Sikap tersebut akan menuntun kita berpijak di atas kebenaran: tidak membawa sesuatu ke dalam dunia dan tidak dapat membawa apa-apa ke luar (ay. 7). Kebenaran ini akan senantiasa mendatangkan rasa cukup (ay. 6), sehingga menepis kecenderungan untuk menyelewengkan mandat Tuhan (Kej. 1:26, 28) demi memenuhi kepentingan diri sendiri. 

Rasa cukup akan menghindarkan kita dari keruntuhan dan kebinasaan (ay. 9), karena mampu meredam hasrat kita untuk melakukan kejahatan terhadap lingkungan. Cinta akan uang (ay. 10) dengan sendirinya tidak sempat singgah, apalagi menguasai diri kita. Pada titik inilah sukacita menjadi kenyataan indah selama kita menjalani hidup di atas muka bumi. 

Mawas diri akan senantiasa menuntun kita pada sikap introspeksi dalam menjalankan mandat Tuhan atas bumi. Sikap ini mengisyaratkan tiadanya pemikiran untuk merusak bumi, a diamond in the universe. Terbersit pun tidak dalam benak kita.

—EML/www.renunganharian.net


MAWAS DIRI MENUNTUN SETIAP ORANG PERCAYA UNTUK SETIA
DALAM MENJALANKAN MANDAT TUHAN ATAS BUMI


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.