SPOILER

1 2 3 4 5 Rating 4.38 (45 Votes)

Baca: Wahyu 7:9-17

Setelah itu aku melihat: Sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat dihitung jumlahnya, dari segala bangsa dan suku dan umat dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka. (Wahyu 7:9)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Roma 1-3



Para penggemar novel atau film biasanya tidak menyukai spoiler (bocoran) dari kisah yang sedang mereka ikuti. Mereka lebih suka menemukan sendiri berbagai kejutan hingga di akhir cerita. Namun kadang-kadang, sebagian pembaca atau penonton—seperti saya, tidak sabar untuk mengintip bagian akhir cerita untuk memastikan bagaimana nasib tokoh-tokoh yang mereka ikuti. Kerumitan hidup atau penderitaan yang dialami tokoh utama di tengah cerita terkadang membuat pembaca atau penonton ingin memastikan sang tokoh akan beroleh kebahagiaan pada akhirnya. 

Rasul Yohanes, salah satu dari 12 murid Yesus diasingkan ke pulau Patmos oleh penguasa Romawi. Secara tradisi yang dipercaya, ia menjadi pekerja paksa di pertambangan batubara di sana. Saat itu, orang-orang Kristen mengalami penganiayaan hebat di bawah dua periode kekaisaran Roma, yaitu Nero dan Domitianus. Di pulau itulah Allah mewahyukan (menyingkapkan) hal-hal yang akan terjadi kepada Yohanes (Why. 1:1-2). 

Dalam penglihatan itu, Allah memberitahukan beberapa spoiler tentang masa depan, bagaimana pada akhirnya Allah akan menang atas musuh-musuh-Nya, juga bagaimana orang-orang dari segala bangsa, suku, kaum dan bahasa akan bertekuk lutut menyembah-Nya. Dalam masa aniaya yang sedang terjadi, penglihatan itu tentunya menjadi penghiburan yang menguatkan Yohanes, juga orang-orang percaya lainnya, baik di masa Yohanes maupun di masa kini. Karena mereka tahu bahwa penderitaan mereka akan berakhir dengan kemenangan dan sukacita.

—HT/www.renunganharian.net


MENGETAHUI AKHIR SUATU PERJALANAN
MEMBERI KITA ENERGI BARU UNTUK TERUS MELANGKAH,
DEMIKIAN JUGA DALAM PERJALANAN ROHANI


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.